Kopda Haris Siregar Laksanakan Giat Sosialisasi dan Patroli Karhutla di Wilayah Binaan Desa Beringin Mulya 

Teluk Belengkong — Personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kateman, kodim 0314/Inhil Kopda Abdul Haris Siregar, bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) melaksanakan kegiatan patroli dan Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah desa binaan yaitu desa Beringin Mulya, kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu (21/01/2023) pagi.

 

Dalam kegiatan patroli kali ini, kopda Haris Siregar mengatakan bahwa upaya dalam rangka pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan masyarakat terus berupaya keras antisipasi terhadap Karhutla.

 

“Maksud kegiatan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan terutama di desa-desa rawan karhutla,” kata Abdul Haris Siregar.

 

Sedangkan tujuannya dilaksanakan patroli dan sosialisasi Karhutla dikatakan Kopda Abdul Haris. Adalah melakukan deteksi dini pada area rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah.

 

“Pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan tim patroli terpadu, dengan mendatangi masyarakat pada berbagai kesempatan,” ujarnya.

 

Ia juga selalu memberikan pesan dan ajakan kepada masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, biasanya disampaikan melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat di wilayah binaan yang mereka temui di rute patroli.

 

Terakhir dikatakannya dalam pelaksanaan patroli Karhutla di wilayah desa Beringin Mulya, tidak ada ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.

 

“Syukur Alhamdulillah tidak ada titik hotspot, semoga dengan kegiatan patroli dan sosialisasi Karlahut ini mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat yang sedang membuka lahan-lahan pertanian, agar tidak melakukan membakar dengan sengaja,” pungkasnya.

Previous articleBabinsa Koramil 06/KTM dan Babinkamtibmas Giat Komsos dengan Warga Binaan di Desa Teritip 
Next articleTanpa Kendala, Pos Babinsa Desa Sakarotan Terus Dikerjakan oleh Serda Rudi Hartono dan Warga Setempat