Inhil – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) kabupaten Indragiri Hilir, melakukan kunjungan serta pembinaan perpustakaan dan kearsipan. Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N 02) di Jalan pelajar Tembilahan Hulu, Jum’at (29/1/21).

H Yulizal menyebutkan, kunjungannya selain untuk bersilaturahmi kepada kepala sekolah SMP N 02 Tembilahan Hulu juga untuk memberikan pembinaan perpustakaan dan arsip di sekolah tersebut.

“Alhamdulilah sudah beberapa Jum’at ini kita melakukan kunjungan ke beberapa sekolah, kemarin kita mengunjungi SD 11 pekan Arba dan hari ini kita mengunjungi SMP 02 Tembilahan Hulu,” ujarnya.

Lebih lanjut mantan Kepala dinas PMD ini menuturkan, bahwa perpustakaan yang dimiliki oleh SMP N negeri 02 Tembilahan Hulu ini sudah cukup baik.

“Dalam penataan pustaka SMP N 02 ini alhamdulilah sudah termasuk baik, karena di dalam pustaka ini tidak banyak terdapat buku-buku paket, tapi didalam ini yang ada buku-buku viksi dan tambahan lainnya,” katanya.

Kemudian Kadis DPAD Inhil itu mengatakan, bahwa masih ada beberapa yang harus dilengkapi oleh pihak perpustakaan seperti lukisan atau kata-kata motivasi di dinding ruangan dan lain-lain.

“Masih ada yang perlu di update seperti kartu pustaka, kami minta kedepannya bisa secara digital.

Dan juga hiasan dinding perpustakaan seperti kata-kata bijak agar pengunjung bisa merasa nyaman, dan betah di perpustakaan. Dan semoga kami datang yang ke 2 kalinya nanti sudah banyak perubahan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 02 Tembilahan Hulu Drs Bastian, mengatakan bahwa, selama bertugas di 5 kecamatan dan kurang lebih 7 sekolah, baru kali ini dikunjungi langsung oleh dinas perpustakaan.

“Alhamdulilah ini adalah penghargaan yang luar biasa, karena ini merupakan kunjungan perdana Kepala Dinas DPAD kabupaten Indragiri Hilir ke sekolah SMP N 02 Tembilahan Hulu,” ucapnya.

Kemudian ia menyebutkan bahwa sesuai dengan arahan dari Kepala Dinas DPAD Inhil jika ingin baik lagi kedepannya memang harus berubah.

“Dengan arahan pak kadis tadi kita kedepan akan merubah pola pustaka itu gimana seharusnya, ruangannya bagaimana jika ingin harus pustaka kita maju mang harus begitu,” kata Kepala Sekolah SMP negeri 02 Tembilahan Hulu itu.

Terakhir ia menerangkan, bahwa perlu adanya dukungan dari pihak guru agar anak-anak murid bisa kembali termotivasi untuk meningkatkan minat baca.

“Selama ini rasa minat baca berkurang semoga dengan dukungan para guru yang memberikan motivasi kepada anak-anak bisa kembali membangkitkan minat baca mereka,” tutupnya.