Enok — Kopda Muhammad Adrian Babinsa desa Rantau Panjang, Koramil 02/Tanah Merah, kodim 0314/Inhil, melaksanakan kegiatan patroli antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaan, desa Rantau Panjang, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (19/12/2022) pagi.

 

Dengan titik Koordinat -0°27’8″,103°14’12”,8,5m,10° di wilayah binaan kopda Muhammad Adrian Babinsa desa Rantau Panjang bersama-sama dengan masyarakat setempat melakukan pantauan di lapangan menyasar perkebunan yang dianggap paling rawan terjadinya Karhutla.

 

Ia menambahkan, bahwa kegiatan patroli Karhutla tersebut dilaksanakan secara rutin, sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran, baik hutan maupun lahan-lahan pertanian.

 

Selain itu dengan patroli turun langsung, kopda Muhammad Adrian mengatakan sebagai Babinsa sepatunya mengetahui kondisi langsung wilayah binaannya, apakah ada titik hotspot ataupun tidak ada.

 

“Dari hasil turun langsung pada hari ini, kita tidak ada menemukan titik api, dan asap hasilnya nihil, ya mudah-mudahan lah di daerah teritorial Koramil 02/TM tidak ada ditemukan titik hotspot,” ungkapnya.

 

Disamping itu kopda Muhammad Adrian juga memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang larangan membakar lahan pertanian maupun perkebunan.

 

“Ya itu yang saya berikan pemahaman kepada masyarakat, tentang larangan membakar, karena pemerintah sudah memberikan himbauan secara keras untuk tidak membuka lahan-lahan pertanian maupun perkebunan dengan cara membakar,” bebernya.