menteri-susi-minta-indonesia-contoh-korsel-berantas-korupsi

 

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bercerita mengenai keberhasilan Korea Selatan dalam memberantas korupsi di negara mereka. Korsel melakukan kebijakan yang mewajibkan semua instansi pemerintah membuka data di website. Dalam website tersebut juga dijelaskan semua policy atau aturan yang dibentuk.

“Korea itu terkenal dengan negara anti korupsi, mereka membuka semua data, ini kita mesti buka dan lakukan di Indonesia,” ucap Susi di KKP, Jakarta, Senin (8/11).

Dalam masalah membuka data, Susi kembali menyentil koleganya yaitu Kementerian Perdagangan. Menurutnya, seharusnya kementerian perdagangan membuka semua data impor dan menjelaskannya ke masyarakat.

“Harus diterangkan. Kalau mau impor oke, tapi kenapa harus impor, apa alasannya. Apa karena teknologi kita. Teknologi kita bisa beli,” tegasnya.

Susi mengatakan untuk memajukan sebuah negara tidak membutuhkan orang hebat. Negara hanya butuh orang yang paham struktur dan mau transparansi dalam kinerjanya.

“Semua departemen seharusnya melakukan hal yang sama. Kita regulator dan kita harus jelasin di website kita. Ini lho rencana anggaran dan policy kita. Kita tunggu feedback masyarakat. Membuat aktif partisipan itu sendiri,” tutupnya. (merdeka.com) http://www.merdeka.com/uang/menteri-susi-minta-indonesia-contoh-korsel-berantas-korupsi.html