Menteri Susi Pudji Astuti Yakin, Cita-Cita Kepri Untuk Menjadi Poros Maritim Dunia Akan Tercapai

Anambas – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudji Astuti, mengatakan, dirinya yakin serta akan memberikan dorongan terhadap cita-cita Provinsi Kepri untuk menjadi poros maritim Dunia. Hal itu dikatakannya pada sambutan pembukaan Festival Padang Melang (FPM) Ke-III Tahun 2019, Rabu (17/07/2019), yang berpusat di Pantai Padang Melang, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

“Apabila Provinsi Kepri ini fokus untuk mengembangkan sektor Pariwisata dan sektor perikanan, saya yakin cita-cita Kepri untuk menjadi poros maritim akan tercapai dan saya akan memberikan dukungan untuk hal itu,” kata Susi Pudji Astuti.

Dia juga menghimbau, untuk semua pihak untuk bersama-sama menjaga kekayaan laut dengan cara menghentikan menangkap ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan seperti memakai bom dan bahan kimia, serta melakukan transaksi jual beli ikan tidak lagi dilakukan di laut.

BACA :  Galery Foto Festival Padang Melang (FPM) Ke-III Tahun 2019

“Berlakukan larangan transaksi jual beli ikan di laut kepada semua kapal yang menangkap ikan di laut Anambas harus di daratkan di Anambas sehingga bisa menambah pendapat daerah dari sektor perikanan bisa meningkat,” himbaunya.

Dikatakannya juga, pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi perhatian dunia, berbagai dampak positif seperti pertumbuhan ekonomi dan peningkatan ekspor melalui sektor wisata mampu menjadi penopang pendapatan negara.

Festival Padang Melang (FPM) Ke-III Tahun 2019
Festival Padang Melang (FPM) Ke-III Tahun 2019

“Oleh karena itu sektor pariwisata ini penting untuk dikembangkan. Fasilitas wisata maupun destinasi wisata perlu dikembangkan dengan inovasi-inovasi dalam berbagai event agar dapat lebih menarik minat wisatawan. Seperti festival Padang Melang yang saat ini kita adakan di pulau Jemaja ini,” kata menteri.

BACA :  Galery Foto Festival Padang Melang (FPM) Ke-III Tahun 2019

Sektor pariwisata Kepri dinilainya juga paling siap dalam menyambut Asean Economic Comunity (AEC).

“Karena Provinsi Kepri memiliki potensi Pariwisata yang sangat menarik. Namun kita masih memiliki kekurangan infrastruktur yang memadai, seperti dermaga, oleh karena itu Kepri akan memberikan prioritas kepada sektor pariwisata agar dapat menjadikan Provinsi Kepri sebagai poros maritim dunia,” kata Menteri.

BACA :  Galery Foto Festival Padang Melang (FPM) Ke-III Tahun 2019

Dalam acara pembukaan Festival Padang Melang (FPM) Ke-III Tahun 2019, juga dihadiri oleh Tyo Rahmantia (Dirjen PRL KKP), Sugeng (mewakili Kemenkomaritim), Raminah (Deputi Pengembangan Pemasaran Kemenpar), Idham (mewakili Kemendikbud), Isdianto (Plt Gub Kepri), Robert Simbolon (Deputi BNPP), Drs Zulhendri (Kadis Kominfo Kepri), Sardison (Kadis Dukcapil Kepri), Buralimar (Kadis Pariwisata Kepri), Abdul Haris (Bupati KKA), Wan Suhendra (Wabup KKA), Sahtiar (Sekda KKA), Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim (Danlanal Tarempa), AKBP Junoto (Kapolres Anambas), Felix Tobing (Kepala Balai Karantina IkanTanjung Pinang), Alan Baskara (Kacabjari Tarempa), Erizal Abdulah (Kemenag KKA), Maskur (Kadis Pariwisata KKA), Toga, Tomas, Todat KKA.*