BPS Kabupaten Karimun Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020
BPS Kabupaten Karimun Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020, di Restoran Gembira Tanjungbatu Kundur, Selasa (26/11/2019).

Tanjungbatu – Untuk menuju pendataan kependudukan secara online, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun sosialisasikan Sensus Penduduk Tahun 2020. Dalam hal ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, menghimbau kepada seluruh masyarakat ikut dalam berpartisipasi dalam mensukseskan pendataan secara Online tersebut, dimana tiap-tiap penduduk dapat meng-update data-datanya secara mandiri.

Himbauan itu disampaikan Bupati Karimun, melalui Asisten II, Sensiana, pada saat membuka secara resmi Sosialisasi Sensus Penduduk 2020, dengan tema ‘MENCATAT INDONESIA’, di Restoran Gembira, Selasa, (26/11/2019).

“Pada tahun 2020, setiap penduduk dapat meng-update data-datanya sendiri secara online, maka isilah data secara tepat dan benar. Kalau dulu kita menggunakan kertas, sekarang ini kita sudah berubah ke digital,” himbau Sensiana.

Dikatakannya juga, dalam pendataan ini nanti, bukan sepenuhnya menjadi tanggungjawab BPS, melainkan tanggungjawab seluruh masyarakat di Kabupaten Karimun.

“ini sudah menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat, terutama pihak kecamatan, Kelurahan maupun pihak Desa,” imbuhnya.

Kepala Badan Statistik Kabupaten Karimun, Nurul Choiriyati, menerangkan, dimulai dari bulan Februari dan Maret 2020, pelaksanaan sensus secara online, dimulai, melalui link disiini.

Hal itu dilakukan untuk menuju satu data kependudukan Indonesia secara digital, sehingga dapat mempermudah masyarakat untuk mengakses data-datanya sendiri melalui sebuah portal yang telah disediakan.

“Saat ini Kementrian Dalam Negeri sedang menyerahkan data-data kependudukan ke BPS, data-data tersebut adalah data kependudukan seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Karimun. Jadi, pada February dan Maret 2020 tiap masing-msing penduduk memutakhirkan data-data tersebut, bagi yang belum melakukan pemutakhiran hingga bulan Juni, petugas BPS akan datang ke rumah-rumah, untuk membantu melakukan pemutakhiran (update.red*),” terang Nurul.

Kata Nurul, masyarakat nanti bisa mengakses data-data kependudukannya cukup meng-entry NIKnya masing-masing secara online, di portal tersebut.

Dia juga mengatakan, pihak BPS juga akan membentuk agen-agen kecil di daerah-daerah, untuk membantu mensosialisasikan serta melakukan pemutakhiran / update.

“Kita akan menyarankan kepada tiap-tiap sekolah dapat membantu menjadi agen-agen dalam pemutakhiran, karena anak-anak sekolah akan lebih cepat dan mahir dalam memainkan gadget,” kata dia.

Sosialisasi tersebut dihadiri seluruh camat se-pulau Kundur, Moro, Durai, Belat dan Ungar, Kapolsek Kundur, Kapolsek Kuba, Kacabjari, Danramil, Kapos TNI AL, seluruh kepala Desa dan Lurah, seluruh kepala sekolah setingkat SMA se-pulau Kundur, Ungar dan Belat, dan sejumlah pengusaha, tokoh pemuda dan Tokoh Masyarakat.*