napi_muslim_ikut_ngaji_sampai_khatam_2

Kundur News – KARIMUN – 150 dari 392 penguni rutan kelas II A Tanjungbalai Karimun yang beragama Islam mengikuti kegiatan mengaji sampai khatam, Kamis (20/4) yang digelar Rutan Kelas II A Tanjungbalai Karimun bekerjasama dengan Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun.

Dari 150 orang peserta yang lancar mengaji itu telah dibagi berkelompok dan dalam satu juz dibaca oleh enam orang, sehingga dalam waktu sekitar dua jam sudah selesai.

Kepala Rutan Kelas II A Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan mengatakan, kegiatan tersebtu bersempena hari pemasyarakatan ke 53, yang disejalankan dengan peringatan isra mi’raj.

“Agenda mengaji sampai khatam ini juga bekerjasama dengan pihak Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun. Kemudian kegiatan mengaji ini diikuti oleh semua Rutan dan Lapas se Indonesia. Tujuannya agar mereka ini mendapatkan hidayah dan setelah keluar dari rutan mampu hidup mandiri dan diterima dimasyarakat,” kate Eri.

Dia berharap agar para napi jangan lagi mengikuti khataman setiap tahunnya di rutan, dengan kata lain agar tidak mengulangi kesalahan dan setelah keluar mampu mengembangkan diri menjadi lebih baik.

napi_muslim_ikut_ngaji_sampai_khatamKoordinator Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, agenda yang digelar bekerjasama dengan Rutan Kelas II A Tanjungbalai Karimun itu baru pertama kali. Namun secara umum telah berlangsung sejak akhir April 2016 lalu.

“Ini instruksi dari inisiator Nusantara Mengaji yakni Muhamini Iskandar, sehingga kami bersinergi dengan rutan agar dapat digelar mengaji sampai khatam bersama para narapidana disini. Tujuannya adalah agar mereka yang dihukum disini mendapatkan sinar kebahagiaan dan hidayah, sehingga mampu merubah prilaku untuk menjadi lebih baik lagi,” katanya.*