Peduli Kesehatan, Babinsa Koramil 02/TM Serda Agusmi Harianto Dampingi Pelaksanaan Posbindu di Desa Binaan 

Tanah Merah — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil, Serda Agusmi Harianto melaksanakan pendampingan

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) untuk para guru di SDN 003 desa Tekulai Bugis, kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (inhil), pada Kamis (02/02/2023) pagi.

 

Dikatakan Serda Agusmi Harianto posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

 

Kegiatan Posyandu Lansia dan Posbindu ini sangat penting untuk dilaksanakan di wilayah sehingga memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat dan mudah dijangkau dari tempat tinggal masing-masing.

 

Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

 

Dalam kegiatannya, petugas kesehatan melakukan dan wawancara kepada masyarakat untuk menggali informasi permasalahanya, dan juga melakukan konseling atau penyuluhan tentang kesehatan serta penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan kesehatan.

 

Saat di lokasi, Serda Agusmi mengatakan dibutuhkan peran serta masyarakat untuk peduli menjaga kesehatan. Dalam kegiatan ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan tentang kesehatan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah binaan.

 

“Pada hari ini saya Mendampingi tim Posbindu untuk mengecek kondisi kesehatan guru-guru yang ada di SDN 003 Tekulai Bugis, mudah-mudahan dalam pelaksanaan pengecekan kesehatan, guru yang ada di sini dalam keadaan sehat semuanya,” pungkasnya.

Previous articleSertu P Siregar Babinsa Koramil 02/TM Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan 
Next articleBabinsa Desa Pengalihan Sertu HM Sibarani Laksanakan Komsos Sosialisasi Komcad