Kundur News – Denpasar – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak kalangan pelajar di Bali untuk mengasah kemampuan komunikasi dan lebih berani bicara di depan umum. Sebab sepandai apapun seseorang, dia akan kelihatan bodoh jika tak mampu menyampaikan secara verbal.

Penekanan tersebut disampaikan Gubernur Pastika dalam orasinya pada Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Denpasar, Minggu (30/4).

Pastika berpendapat, kemampuan komunikasi merupakan salah satu kunci keberhasilan. Sebagai contoh dua nama putra daerah Bali yang sukses karena memiliki kelebihan dalam berkomunikasi yaitu seniman Nyoman Gunarsa dan Nyoman Rudana.

“Mereka bisa menjadi begitu sukses dan terkenal karena kemampuan komunikasi dan bisa menjelaskan kepada para tamu manca negara tentang makna lukisan yang dijual. Coba bandingkan dengan pelukis di kampung-kampung, sebagus apapun hasil karya mereka, tetap dihargai lebih murah karena kurang penguasaan komunikasi, utamanya Bahasa Inggris,” jelas Pastika.

Pastika mengingatkan pentingnya manfat kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris, Pastika berharap para guru khususnya di sekolah kejuruan pariwisata meningkatkan kemampuan mengajar mereka. “Karena untuk mengasah kemampuan para siswa sangat dibutuhkan guru terbaik di bidangnya” ujar Mantan Kapolda Bali tersebut.

pelajar_di_bali_diminta_asah_kemampuan_komunikasi_2Pastika berencana melakukan tes bagi Guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMA/SMK se-Bali. Dia lantas menyebut tiga kunci sukses belajar komunikasi yaitu guru terbaik, larut didalamnya dan giat berlatih.

“Ayo anak-anakku, agar dapat dilihat kita harus berdiri saat yang lain duduk. Tunjukkan kemampuan bicara yang baik dan benar. Karena masa depan dearah ini ada di tangan kalian,” kata Pastika.*