Home Kepri Batam Peluncuran 1 unit Kapal Patroli Cepat 40 Meter

Peluncuran 1 unit Kapal Patroli Cepat 40 Meter

0
Peluncuran 1 unit Kapal Patroli Cepat 40 Meter

BATAM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlatamal IV)  Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, hadiri acara Launcing (peluncuran) pengadaan 1 unit Kapal Patroli Cepat 40 meter (PC 40 M), di Galangan Kapal PT. Karimun Anugrah Sejati (PT.KAS) Tanjung Uncang Batam Kepulauan Riau, Selasa (25/5/2021).

Pembangunan 1 unit kapal tersebut, dikerjakan oleh putra-putra terbaik bangsa, hal tersebut ditandai  peluncuran kapal PC 40 M oleh Asisten Logotik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, dan penandatanganan Berita Acara antara Kadisadal dan Direktur PT.Karimun Anugrah Sejati yang disaksikan oleh Aslog Kasal.

Dalam sambutannya Aslog Kasal membacakan sambutan tertulis Kasal yang mengatakan “Seperti kita ketahui bersama bahwa sequence pembangunan kapal perang meliputi first steel cutting, keel laying, launching, shipnaming, delivery and receiving, commissioning dan terakhir pengukuhan KRI. Pembangunan kapal PC 40 M ini telah sampai pada tahap launching,” tuturnya.

Dikatakan juga “Kehadiran kapal tersebut nantinya akan difungsikan sebagai kapal bantu Hidro Oceanografi, diharapkan dapat menajamkan kemampuan Pushidrosal dalam mendukung dan memantapkan peran dan pusat informasi Geospasial Kelautan Indonesia,” ungkapnya.

Kasal juga menjelaskan “Pembangunan kapal PC 40 M tentunya memiliki makna strategis bagi industri Pertahanan Nasional, hal tersebut dibuktikan oleh PT.Karimun Anugrah Sejati yang telah berhasil dan diandalkan dalam pembangunan teknologi Industri Pertahanan bagi kepentingan Nasional, mengingat selama ini pengadaan kapal-kapal Hidro Oceanografi  pembangunannya  oleh galangan kapal luar negeri,” jelasnya.

“Luasnya wilayah perairan Indonesia yang perlu di survei membutuhkan jumlah kapal survei yang tidak sediit, untuk itu pengadaan kapal ini menjadi solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut,” pungkas Kasal.

Hadir dalam acara tersebut Wadanpushidrosal, Kadismatal, Kadisadal, Kadislaikmatal, Danguskamla Koarmada I, Paban VI Sopsal, Kasubdisadalada Disadal, Dansatgas PC 40 M, Danlanal Batam, Paban III Skomlekal, Komisaris PT. KAS dan Direktur PT. KAS.*