Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya ikut membersihkan sampah yang berserakan di sekitar TPA Sememal Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat
Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya ikut membersihkan sampah yang berserakan di sekitar TPA Sememal Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat

KARIMUN – Jajaran Polres Karimun melakukan aksi bersih-bersih sampah, di sekitaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sememal Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat, Kamis (21/2).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019. Dengan melibatkan instansi lainnya mulai dari TNI, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun, Dinas Kebersihan, nelayan, tokoh masyarakat, tokoh agama, petugas kebersihan dan pelajar di Karimun.

“Kegiatan ini merupakan agenda dari Polri bersama masyarakat, dalam memperingati HPSN tiap 21 Februari. Dengan tema yang kita angkat adalah Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat Dan Bernilai, Menuju Indonesia Bersih,” kata Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya.

Dikatakan Hengky, kegiatan bersih-bersih itu juga sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Karimun. Sehingga terbebas dari dampak yang ditimbulkan seperti banjir dan sebagainya.

Rencananya lanjut Hengky, nanti akan dilanjutkan dengan gerakan bersih-bersih laut dan pantai. Dengan langkah tersebut dinilai perlunya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, dan melakukan pengelolaan sampah yang baik.

“Untuk itu kami mengajak masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga lingkungan, sehingga terlihat selalu bersih dan asri. Menjaga kebersihan merupakan tanggungjawab bersama, artinya bukan saja tanggungjawab dari dinas terkait,” jelasnya.

Setelah melakukan bersih-bersih sampah di TPA Sememal Kelurahan Pasir Panjang, kegiatan dilanjutkan dengan meninjau tempat pembuatan kompos berbahan limbah masyaraklat, di Kelurahan Sei Pasir Kecamatan Meral.(*)