Safari Ramadhan
Safari Ramadhan

ANAMBAS  – Didampingi Wakil, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris beserta rombongan melakukan safari Ramadhan di Masjid Al-Ikhsan, Desa Sunggak Kecamatan Jemaja, Kamis (16/5/2019).

Camat Jemaja Abdullah Sani dalam sambutanya mengatakan, antara lain pihaknya juga sudah melakukan kegiatan safari Ramadhan dengan melaksanakan di 23 surau sekaligus mendengarkan dan mempelajari keinginan masyarakat yang berada di Kecamatan Jemaja.

“Masalah air dan listrik yang menjadi masalah pokok masyarakat yang berada di Jemaja. Dengan itu kami menghimbau kepada warga desa agar bergotong royong dalam pembuatan sumur. Jika tidak mampu kami mengajukan ke pemerintahan untuk pembuatan sumur. Dalam kegiatan tersebut TNI dan polri serta BPD akan siap membantu kegiatan tersebut,” ujar Abdullah Sani.

“Mungkin Ini merupakan sambutan yang terakhir dari kami di Desa Sunggak ini dikarenakan Desa Sunggak sudah berpindah nantinya menjadi Jemaja Barat yang sudah dibentuk jadi bagian dari Kecamatan Jemaja Barat, Desa Sunggak berharap agar dapat membuat penggunaan meteran dan dapat memaksimalkan penggunaan air,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bantuan Sembako, dan Bingkisan oleh Pemda KKA dan Baznas KKA kepada Masjid Jami Baitur Rahim.

Bupati KKA, Abdul Haris mengatakan, kegiatan Safari itu memiliki 30 paket dari Zakat Baznaz dan Pemerintah Daerah untuk Desa Sunggak agar dapat terbantu daalm penyaluran serta memanfaatkan Dana tersebut.

“Kami dari pemerintah daerah menghimbau agar masyarakat umumnya di Jemaja dapat membuat Embung pada masing masing desa sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat. Sewaktu waktu musim kemarau Embung tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan air bagi masyarakat di tiap desa,” kata Bupati.

Dengan pembentukan kecamatan Jemaja Barat, sambung Abdul Haris, “kedepan akan di bangun Polsek dan kantor lainnya yang dapat membangun dan mengembangkan masyarakat di Kecamatan Jemaja Barat nantinya”.

“Bahkan saat ini Masyarakat ingin melahirkan Jemaja Tengah Pemerintah siap membantu dengan keinginan tersebut namun agar dipenuhi persyaratan lainnya”.

“Kecamatan Jemaja itu memiliki Pulau-Pulau perbatasan yang menjadikan Jemaja ini spesial. Dengan hal tersebut agar kita bersama sama dapat menjaga dan membangun Jemaja Barat ini dapat berkembang agar sama sama maju sehingga berpengaruh besar pada perkembangan kabupaten juga”.

Saat ini sedang berlangsung program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mengenai pembuatan aset negara pada pulau perbatasan yakni dibuatkan luas 1 km lebih di Pulau Mangkai yang dijadikan aset negara merupakan bentuk tanda secara nyata bahwa kita ada bukti dimata negara. Tanah tersebut yang sudah tercantum pada Pulau Mangkai yang merupakan perbatasan. Sehingga tidak dapat diakui oleh negara lain dikarenakan pulau tersebut merupakan aset negara.

Kami menghimbau kepada masyarakat agar jaga kebersihan pada pantai pantai sehingga menimbulkan dampak yang bagus pada destinasi pantai.

Kami dari Pemda mengucapkan terimakasih atas terlaksananya Pemilu 2019 yang aman damai lancar dan sejuk. Agar masyarakat yang dulunya berbeda pendapat agar saat ini kita dapat bersama sama dalam membangun kabupaten kepulauan Anambas ini menjadi lebih maju.

Ustadz H. Awaluddin Nur mengatakan, antara lain Di Bulan Suci Ramadhan ini kita harus wajib melaksanakan ibadah puasa. Selain menahan lapar dan haus kita harus menahan hawa nafsu. Kita harus menjaga seluruh anggota badan kita di Bulan Ramadhan ini dari perbuatan maksiat.

Seperti kita ketahui bahwa kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan nya dan patut kita sadari bahwa semua nya milik Allah SWT. Apapun yang dikehendaki atas keinginan yang mahakuasa. Dalam hal ini kita selalu bersyukur atas apa yang kita terima.

Kegiatan Safari Ramdhan 1440 Hijriah Pemerintah Daerah KKA Tahun 2019 di Kec. Jemaja Timur guna meningkatkan silaturahmi antara pemerintah daerah dengan seluruh lapisan masyarakat KKA. Rencana Safari Ramadhan lanjutnya pada 17 Mei 2019, akan dilaksanakan di Kec. Palmatak.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Abdul Haris (Bupati KKA) dan dihadiri antara lain: Wan Zuhendra (Wakil Bupati KKA), Jefrizal (Kadis Kominfo KKA), Usman (Kadisperindag KKA), Peltu Amrul (Plh Danramil 02 Tarempa mewakili Pabung Kodim Natuna), Syarif Ahmad (Kabag Umum Sekda KKA), Catherine (Asisten II KKA), Abdullah Sani (Camat Jemaja), Kapten Inf Janer Aruan (Danramil 04 Letung), Letda Laut (P) Arif Budiman (Danposal Letung), Ipda Alex Astral (Kanit Intel Polsek Jemaja), M. Ihsan (Mewakili Kacabjari Tarempa), para OPD dan FKPD serta masyarakat muslim Kec. Jemaja yang diikuti sekitar 100 orang.*