A BRAVE GENTLEMAN

TANJUNGPINANG – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlatamal) IV  Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, bersama Ketua Korcab IV DJA I Ny Musyarafah Ridwan dan Ahli Waris RI Matjan Tutul ikut menyaksikan acara Mengenang Pertempuran Laut Arafuru yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl Yos Sudarso No 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (15/1/20).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada malam hari yakni dimulai pukul 19.50 WIB, diawali dengan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, yang dibacakan oleh Danlantamal IV, kemudian pemutaran film dokumenter A Brave Gentleman mengenang pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962 setelah itu mengheningkan cipta dipimpin oleh Danlantamal IV.

BACA :  Lantamal IV Tanjungpinang Pringati Hari Dharma Samudra

Sebelum pesembahan lagu gugur bunga sebagai penutup acara, dilaksanakan doa bersama yang dibacakan secara Islam dan Katholik.

Kasal dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Danlantamal IV “Pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962, telah tercatat sebagai pertempuran laut paling heroik dalam sejarah Indonesia. Tiga kapal cepat ALRI jenis 2 Motor Torpedo Boat (MTB), yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul, dan RI Matjan Kumbang harus berjibaku melawan tiga kapal kombatan dan sebuah pesawat udara kerajaan Belanda”, tuturnya

Dikatakan juga “Ketiga MTB yang tergabung dalam Satuan Tugas Chusus-9 (STC-9) ini, sebenarnya mengemban tugas infiltrasi mendaratkan pasukan Angkatan Darat di Timur Kaimana sebagai langkah awal perjuangan Trikora”, jelasnya.

BACA :  Danlantamal IV Pimpin Ziarah Nasional Di TMP Pusara Bhakti

“Nilai-nilai pertempuran laut Arafuru yang luhur ini harus menjadi jiwa dan semangat generasi penerus untuk menghadapi tantangan tugas masa kini dan masa depan yang tidak kalah beratnya.

Pentingnya arti pewarisan nilai-nilai kepahlawanan pertempuran laut Arafuru ini, menjadi pertimbangan utama TNI Angkatan Laut menggelar acara Mengenang  Pertempuran Laut Arafuru pada malam hari ini. Acara ini juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh satuan Angkatan Laut baik di dalam maupun yang sedang bertugas di luar negeri”, ungkap Kasal.

Lebih jauh dikatakan Kasal bahwa “Acara ini memiliki dua tujuan, pertama, merupakan sebagai salah satu bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pahlawan pertempuran laut Arafuru dan pertempuran laut lainnya, yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan keutuhan NKRI.

BACA :  LANAL Tarempa Laksanakan Pemantapan Bela Negara Kepada Siswa Sekolah Dasar

Tujuan kedua yang tidak kalah pentingnya adalah mewariskan nilai-nilai luhur para pahlawan pertempuran laut kepada generasi penerus untuk dapat diaktualisasikan dalam tugas-tugas kekinian”, pungkasnya.

Sebagai informasi prajurit Mako Lantamal IV, Lanudal Tanjungpinang, Yonmarhanlan IV, PNS Lantamal IV serta pengurus Korcab IV DJA I ikut menyemarakan acara Mengenang Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962.

Hadir dalam acara tersebut Wadanlantamal IV Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Danlanudal Tanjungpinang Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, Para Kadis/Kasataker Lantamal IV serta Para Pama dan Pamen Lantamal IV.*