Home Riau INHIL

Selalu Ada untuk Masyarakat, Ini Sosok Kartini dari Kabupaten Inhil Provinsi Riau

Inhil – Memperingati hari Kartini ke 144 Tahun 2022 tentu mengingatkan tentang ketangguhan tokoh pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita yang menjadi inspirasi buat masyarakat yakni Raden Ajeng Kartini atau R.A. Kartini.

Meski R.A. Kartini sudah tiada namun pemikirannya terus mengalir dan berkembang saat sekarang ini. Seorang wanita tangguh yang bergerak peduli terhadap wanita khususnya lansia dan selalu memberikan pesan dan motivasi yakni Yuliana Daud,

Yuliana atau yang akrab disapa Mak Yuli ini merupakan sosok perempuan hebat, perempuan tangguh yang selalu memberikan tenaga, waktu serta memperjuangkan hak masyarakat dan selalu mengayomi sesama.

Saat ditemui di tengah kesibukannya, menurut Mak Yuli, R.A. Kartini merupakan sosok yang harus dijadikan motivasi bagi kaum perempuan dan mengedepankan kemandirian dalam menjalankan kehidupan..

“Kartini merupakan sosok yang harus dijadikan motivasi bagi kaum perempuan yang utama perempuan yang peduli dan perempuan yang berperilaku mandiri, dan bersikap tegar dalam menghadapi tantangan,” ucap Yuliana, Jumat (22/4/2022).

Dari inspirasi itu yang membuat Mak Yuli menguatkan diri untuk menolong dan membantu sesama sehingga Ia bertekad membuat Yayasan yang bergerak menolong para lansia terlantar di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Perempuan kalau dipandang secara sekilas dia lemah, tapi kalau dia bisa membulatkan tekadnya dari berbagai pengalaman maka perempuan itu akan terlihat tangguh. Dulu saya berpikir tidak bisa membantu sesama perempuan karena saya juga merasa ingin dibantu, tapi karena adanya pengalaman pernah di bawah ya Alhamdulillah bisa menjadikan ini sebuah pengalaman motivasi untuk membantu, dan sekarang Yayasan Pusaka Pondok Bhakti Lansia sudah berjalan lancar,” ujarnya.

Mak Yuli juga beberkan, jika ada tekad baik untuk membantu masyarakat tetap ada intervensi Allah SWT dalam keberlangsungannya. “Allah SWT lebih tau, jadi kalau ingin membuat program bagus, segerakanlah dan optimis tetap ada jalan, dari pengalaman yang ada ini mulai dari segi ekonomi, personil, dan fasilitas sudah ada disiapkan cuma waktu saja yang menjawab,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Mak Yuli, para wanita tangguh untuk selalu menyiapkan waktu dan selalu peduli dengan warga yang kesusahan. “Jadilah ibu R.A. Kartini jaman sekarang, penuh inspirasi dan bermanfaat untuk sesama wanita.* Selamat Hari Kartini ke 144 semoga kita semua dimudahkan, aamiin,” imbuhnya.

==========================