Kateman — Wujud dari kepedulian dan perhatian terhadap generasi penerus bangsa, Babinsa Koramil 06/Kateman, kodim 0314/Inhil Sertu Jonni Pasaribu memberikan materi Wawasan kebangsaan ( Wasbang) tentang Ideologi Pancasila dalam menumbuhkan sikap disiplin dan membentuk karakter kepada Murid-murid di SD Negeri 006, kelurahan Tagaraja, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, pada Senin (16/1/2023) pagi.

 

Pemberian materi Wawasan kebangsaan adalah merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan dan meningkatkan sisiplin bagi para siswa, terutama siswa sekolah dasar yang merupakan generasi penerus bangsa, itu perlunya pemberian materi ini yang di mulai sejak dini.

 

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Sertu Jonni Pasaribu mengatakan, bahwa Perkembangan yang terjadi di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini cukup memprihatinkan, baik di sadari atau tidak hal tersebut telah menjadi sebuah ancaman serius bagi kelangsungan hidup dan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

 

“Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Pancasila adalah Idiologi Bangsa kita, Idiologi yang tidak bisa ditawar lagi sebagai pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara, karena di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai yang akan memberi tuntunan dalam membentuk karakter bangsa dan menumbuhkan jiwa disiplin para murid Sekolah Dasar,” jelasnya.

 

Hal tersebut merupakan tantangan bagi semua pada saat ini yaitu mencegah masuknya idiologi lain yang dapat mempengaruhi Nilai-nilai Idiologi Pancasila. “Maka untuk menghadapi tantangan tersebut marilah secara bersama-sama menanamkan kembali nilai-nilai yang terkandung dari sila-sila Pancasila terhadap generasi penerus bangsa,” pungkasnya.