Tarhib Ramadhan 1437 Hijriah, di Masjid Ibadurrahman, Sei Lakam Karimun

Tarhib Ramadhan 1437 Hijriah di Masjid Ibadurrahman
Tarhib Ramadhan 1437 Hijriah di Masjid Ibadurrahman

Kundur News.

KARIMUN – Jelang Ramadhan yang tinggal sepekan lagi, Pengurus Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Karimun menggelar Tarhib Ramadhan 1437 Hijriah di Masjid Ibadurrahman, Sei. Lakam Karimun, Ahad (29/05) kemarin. Kegiatan ini juga disejalankan dengan program pembinaan anak yatim (P2AY) Salimah dengan memberikan santunan kepada anak yatim.

Acara Tarhib Ramadhan ini dihadiri oleh ratusan ibu-ibu dari berbagai majelis taklim yang ada di Karimun. Tarhib Ramadhan diisi oleh Ust. Hanafi Yunus, Lc dari Tanjungpinang. Acara tarhib ramadhan digelar oleh Salimah  sebagai  upaya mengingatkan masyarakat bahwa bulan Ramadhan sudah semakin dekat. Maka bulan Ramadhan harus disambut dengan melakukan persiapan-persiapan terbaik agar Ramadhan tahun ini lebih baik dari Ramadhan tahun yang lalu.

Ketua PD Salimah Kabupaten Karimun, dr. Dessy Suryamanja Indah, mengatakan digelarnya acara ini untuk mempersiapkan mentalitas spiritual warga dalam menghadapi datangnya bulan istimewa bagi umat Islam yaitu bulan Ramadhan.

“Tarhib ini untuk mempersiapkan mentalitas warga dalam menyiapkan fisik dan rohani kita untuk menghidupkan bulan puasa supaya lebih hikmat dibanding tahun sebelumnya,” kata dr Dessy.

Turut hadir dalam acara tersebut kepala badan keluarga berencana daerah, pemberdayaan dan perlindungan anak kabupaten karimun, Dra. Rosmawati, MM.Pub. Dalam sambutannya rosmawati mengingatkan pentingnya membersihkan diri dalam rangka menyambut ramadhan dengan saling bermaafan antar suami istri dan juga orangtua serta sesama muslim.

Sementara itu, Ust Hanafi Yunus, mengajak kepada warga untuk menghidupkan ramadhan dengan amal sosial, seperti banyak memberi kepada fakir miskin. Dan memberikan kesempatan kerja bagi pengusaha lokal yang mampu. Sehingga momen bulan Ramadhan menjadi berkah secara sosial dan keagamaan.

“Hendaklah kita jadikan ramadhan tahun ini sebagai kepedulian kita terhadap tetangga,” ujar Ust Hanafi Yunus.

Ust Hanafi Yunus menambahkan, Ramadhan juga sebagai momen mempererat silaturahmi, bukan hanya pada saat hari raya Idul Fitri saja.