Waduk PDAM Tirta Karimun yang mengalami kekeringan
Waduk PDAM Tirta Karimun yang mengalami kekeringan

Tanjungbatu – Ratusan pelanggan pengguna jasa air bersih PDAM Tirta Karimun cabang Tanjungbatu harus dapat menahan diri, karena saat ini perusahaan belum dapat menyalurkan air bersih seperti biasanya dikarenakan waduk yang dulunya dipenuhi dengan air, saat ini sudah menjadi padang gersang yang kering kerontang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala PDAM Cabang Tanjungbatu, Arman, saat ditemui, mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pihaknya telah memaksimalkan fungsi waduk dengan cara mengisi air dari waduk cadangan.

“Dari bulan April kemarin kami sudah mengalami kekeringan, namun kami terus bekerja mengusahakan menggunakan waduk cadangan. Namun hingga hari ini, kebutuhan tidak lagi dapat kami capai, debit air sudah tidak mencukupi,” ujar Arman, Senin (03/06/19).

Dikatakannya juga, bagi pelanggan yang tidak dapat menggunakan air tersebut, disarankannya juga untuk tidak melakukan pembayaran tagihan.

“Jadi kami juga himbau kepada masyarakat khususnya kepada pelanggan PDAM untuk tidak melakukan pembayaran, jika air tidak dapat kami penuhi. Silakan membayar tagihan jika air tersebut kembali berfungsi sebagaimana mestinya,” tegas Arman

Dia juga berjanji, jika kondisi sudah kembali normal, pihak PDAM tentunya akan kembali beroperasi seperti semula mengaliri air ke rumah-rumah pelanggan.

“Yang pastinya kami akan kembali mengaliri air-air tersebut jika kondisi kembali normal. Biasanya jika setelah hujan turun dalam waktu beberapa jam,” pungkas Arman.*