Inhil – Komunitas Emak Sehat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Program Emak Sehat Kepo Politik dengan tema “Menggali Informasi Pelaksanaan Pesta Demokrasi Thun 2024” di sekretariat Emak Sehat Jalan SKB Tembilahan, Jum’at (18/2/22).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Herdian Asmi menuturkan bahwa Program Emak Sehat ini adalah sebuah kegiatan yang sangat positif yang dipelopori digagas oleh Emak-emak kaum perempuan yang menunjukkan bahwa Emak-emak adalah generasi yang kaum yang peduli dengan perkembangan politik.

“Peduli dengan tahapan-tahapan yang akan kita lalui pada komunitas ini untuk menyebarkan secara masif informasi-informasi mengenai pemilu khusus sekarang ini mengenai hari dan tanggal pemilu tahun 2004 yaitu Rabu tanggal 14 Februari 2024 dan Rabu tanggal 27 November tahun 2024 sekali lagi kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan ke depan masih banyak kegiatan yang akan kita lakukan,” katanya saat diwawancarai oleh media.

BACA :  Milad ke-13 Komunitas Emak Sehat Inhil Gelar Syukuran dan Berbagai Lomba

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Inhil Andang Yudiantoro, SH., HM berterima kasih kepada Komunitas Emak-emak Sehat karena tidak hanya bergerak di bidang sosial tapi mereka juga melek dan kepo dengan politik.

“Ini artinya mereka juga ingin berdemokrasi yang dibuat dalam demokrasi ini satu kemajuan bahwa emansipasi wanita di tidak hanya ditinggali milenial, di tingkat emak-emak juga ternyata sudah semakin baik. Nah ini tanda bahwa Komunitas Emak-emak Sehat Inhil yang dipelopori oleh Bu Yuli sudah semakin cerdas dan semakin maju,” tukasnya.

Ia menambahkan bahwa dirinya berharap tadi dengan dialog bahwa Emak-emak sehat ingin menjadi perpanjangan lidah Bawaslu dalam rangka mengawasi pemilu agar berlangsung secara luber dan jurdil mereka siap melaporkan dan memberikan informasi kepada bawaslu kalau ada ditemukan pelanggaran-pelanggaran baik yang dilakukan oleh peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu termasuk juga pemilih gimana ini juga harus cerdas tidak boleh menerima janji dan uang.

BACA :  Milad ke-13 Komunitas Emak Sehat Inhil Gelar Syukuran dan Berbagai Lomba

“Termasuk juga ASN agar ASN juga netral Emak-emak Sehat juga akan mengawal jangan sampai netralitas ASN dirusak oleh pemilu dan terlibat dalam politik praktis di pemilu 2024, itu harapan Bawaslu agar Emak-emak juga berperan untuk mengawasi pemilu pada pemilu lebih sehat dan lebih berjalan Uber dan jurdil,” sambungnya.

Disamping itu, Ketua Emak Sehat Yuliana Daud merasa bersyukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dirinya mengaku dengan hadirnya ketua KPU dan para Komisioner serta perwakilan Kesbangpol Inhil banyak mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.

“Alhamdulillah saya sebagai ketua Komunitas Emak Sehat mengucapkan terima kasih banyak kepada ketua KPU dan Bawaslu serta Kesbangpol sudah datang ke sini memberikan ilmu kepada kami Emak-emak dan kami siap untuk perpanjangan tangan dari KPU dan Bawaslu bahwa pemilu nanti akan dilaksanakan 14 Februari dan 27 November 2024 itu saja harus kita harus siapkan diri,” kata Yuliana Daud yang akrab disapa Mak Yuli itu.

BACA :  Milad ke-13 Komunitas Emak Sehat Inhil Gelar Syukuran dan Berbagai Lomba

Disisi lain, Sekretaris Kesbangpol Inhil Marlis Syarif S.Sos.,M.H mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi program yang di taja oleh emak sehat, menurutnya kegiatan tersebut sengat menarik dan bermanfaat untuk terus dilakukan agar menambah wawasan emak-emak.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir sangat mendukung dengan Program ini yang digagas oleh Komunitas Emak-emak Sehat, ini adalah ilmu yang terbaik, yang jelas disampaikan oleh ketua Komunitas Emak-emak Sehat tadi kesimpulannya hanya ada dua, 2024 kita punya agenda ada bulan Februari dan ada bulan November semua berpulang kepada kita semua Masyarakat khususnya kami berharap dari pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menghimbau Kepada seluruh masyarakat kita tetap menjaga keharmonisan untuk kedepannya,” pungkas Marlis Syarif.*

Previous articleTP-PKK Desa Sialang Panjang Tinjau Posyandu Untuk Balita
Next articleBupati Kuansing Kukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Kabupaten Indragiri Hilir Periode 2021-2025