Home Featured Karantina Pelabuhan Tanjungbatu, Lakukan Tes HIV/Aids Kepada Masyarakat dalam Program Rutin VCT Mobile

Karantina Pelabuhan Tanjungbatu, Lakukan Tes HIV/Aids Kepada Masyarakat dalam Program Rutin VCT Mobile

0
Karantina Pelabuhan Tanjungbatu, Lakukan Tes HIV/Aids Kepada Masyarakat dalam Program Rutin VCT Mobile
Kantor karantina pelabuhan Tanjungbatu lakukan test HIV Aids

Tanjungbatu – Guna mensosialisasikan serta pencegahan dan pengendalian HIV/Aids di pelabuhan-pelabuhan di wilayah Kabupaten Karimun, Petugas Kantor Karantina Wilayah Kerja (Wilker) Pelabuhan Tanjungbatu bekerjasama dengan Puskesmas Tanjungbatu menggelar kegiatan VCT Mobile yaitu melakukan pengecekan HIV/Aids bagi warga di Pelabuhan Tanjungbatu, Jum’at (10/09/2021).

“Hari ini kita melakukan screnning dalam kegiatan VCT Mobile di wilayah kerja Pelabuhan Tanjungbatu Kundur, dengan target sebanyak 75 orang dengan sasaran masyarakat pelabuhan, seperti petugas pelabuhan, porter, ojek pelabuhan, agency pelayaran dan umum bagi yang ingin melakukan mengecekan,” kata Kepala Kantor Karantina Wilker Tanjungbatu, Reza.

Dikatakannya, kegitan VCT Mobile merupakan kegiatan rutin Kementerian Kesehatan, yaitu kegiatan kesehatan berkolaborasi dengan Puskesmas Tanjungbatu.

“Kita berkolaborasi dengan Pihak Puskesmas Tanjungbatu, sebagai pemegang program HIV/Aids divisinya di Puskesmas Tanjungbatu Kundur,” kata dia.

Kegiatan pencegahan HIV ini, kata Reza, tetap dilaksanakan ditengah-tengah kesibukan penanganan covid-19.

Test HIV Aids di Pelabuhan Tanjungbatu

“Selama ini kita focus dalam penanganan covid, namun demikian kita juga tidak bisa melupakan bahwa kita punya tugas yang lain, salah satunya dalam pencegahan HIV, penyakit yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Jadi, kegiatan rutin kita tetap jalankan disela-sela kesibukan penanganan corona,” tukasnya.

Petugas nakes pengecakan HIV Aids

Kepala Kantor Syahbandar Wilayah Kerja Tanjungbatu, Tarigan, sangat mendukung kegiatan VCT Mobile tersebut. Kata dia, dengan kegiatan itu akan semakin memberikan kenyamanan kepada masyarakat terlebih kepada masyarakat yang berpergian.

“Kami tentu sangat mendukung kegiatan tersebut, karena akan menambah kenyamanan kepada masyarakat Kundur terlebih kepada masyarakat yang hendak berpergian melalui pelabuhan Tanjungbatu,” tukas Tarigan.*