SDN-003-KUTA-Karimun

Kundur News – KARIMUN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah melakukan penialian terhadap dua sekolah di Kepri, yakni di SDN 003 Kundur Utara dan SMAN 4 Binaan Karimun sejak Rabu dan Kamis kemarin.

BACA: SDN 003 Kundur Utara Wakilil Kepri Ketingkat Nasional

Tim penilai telah mendatangi SDN 003 Kundur Utara dengan melakukan penilaian beberapa poin, seperti ruangan kelas, ruang kepala sekolah, kamar mandi, kantin, WC guru, WC siswa pria, WC siswi, ruang UKS, fasilitas wastafel disetiap kelas, bak sampah atau tempat sampah sementara.

Menurut Ketua Tim Penilai, Abdul Rahman menjelaskan, keasrian sekolah juga turut menentukan sekolah tersebut layak jadi pemenang. Seperti kerindangan pohon dilingkungan sekolah, karena jika terlalu panas akan membuat siswa tidak nyaman belajar. Begitupun untuk kantin sekolah akan dilihat makanan yang dijual apakah mengandung pangawet atau pewarna berbahaya.

Tidak hanya itu, prilaku siswa juga akan menjadi poin penilaian dalam hal Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan sebagainya.

“Setelah melakukan penilaian ini hasil yang kami periksa akan dibawa ke Jakarta, dan disanalah nanti ada tim Balitbang yang memutuskan siapa yang layak untuk menjadi pemenang penilaian sekolah sehat,” ucap Abdul Rahman.

Ajang sekolah sehat tahun 2017 ini diikuti oleh 25 Provinsi,didalamnya terdapat 75 Kabupaten dan Kota, dengan jumlah 24 SMA yang yang mengikuti, begitupun SMP diikuti 24 sekolah, dan jenjang SD dikuti 23 sekolah serta 19 TK.*