Konsumsi Sarden Bercacing Berakibat Buruk Bagi Kesehatan, Jika di Konsumsi Dapat Sebabkan Kematian

KARIMUN – Maraknya sarden tiga merek yang beredar di Karimun yang mengandung cacing atau parasit akan berdampak buruk bagi kesehatan jika di konsumsi. Hal itu disampaikan oleh Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Suharyanto.

“Kalau parasit ini masuk ke tubuh manusia dia lebih sulit dibasmi ketimbang bakteri. Dia akan masuk ke organ tubuh. Terutama hati, paru-paru dan organ tubuh lainnya. Dan ini akan menimbulkan penyakit. Penyakit umum dan awal akan ada reaksi alergi, kemudian akan timbul penyakit lebih parah, bisa menimbulkan kematian, karena dia akan jalan sampai ke organ vital lainnya,” kata Suharyanto, Selasa (27/3) usai melaksanakan razia pruduk sarden yang dilarang beredar oleh BPOM.

Menurutnya, sarden yang dilarang oleh BPOM Batam ada tiga merek. Yakni Hoki, Farmerjack dan IO.

“Merek ini dilarang karena hasil temuan BPOM yang diperiksa di lab mereka mengandung sejenis parasit, kalau bahasa kita mungkin cacing yang halus, tentu tidak layak dikonsumsi dan tidak boleh masuk ke tubuh manusia. Jenis cacingnya bukan cacing pita. Namanya cacing gilik tapi bahasa latennya saya lupa,” jelas Suharyanto lagi.

Dia pun mengingatkan masyarakat untuk tidak mengkonsumsi sarden tiga merek yang dilarang beredar tersebut, jika memang masih menemukan beredar agar dapat segera melaporkan kepada pihak terkait.(*)