Home Kepri Anambas Kunker Komisi I DPRD Provinsi Kepri Terkait Kesiapan KPU Dalam Pikada 2020

Kunker Komisi I DPRD Provinsi Kepri Terkait Kesiapan KPU Dalam Pikada 2020

0
Kunker Komisi I DPRD Provinsi Kepri Terkait Kesiapan KPU Dalam Pikada 2020
Kunker DPRD Prov Kepri ke KPU Anambas

Anambas – Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Riau, yang membidangi Hukum dan Pemerintahan, melakukan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas, untuk mengetahui sejauh kesiapan KPU dalam melaksanakan Pilkada Tahun 2020, Senin (18/09/2020).

Dalam rombongan Komisi I tersebut, Bobboy Jayanto, Afrizal Dahlan, Harlianto, Suigwan, dan Taufiq.

Adapun yang menjadi sorotan mereka adalah terkait untuk protokol kesehatannya yang akan dijalankan oleh KPU beserta pasangan calon dan team kampanye, meningkatkan partisipasi pemilih mengingat pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi, anggaran hibah yang dari pemda apakah sudah termasuk dengan anggran protokol kesehatan, bagaimana sinergitas antara KPU bersama Pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, bagai mana pemahaman terkait peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh KPU RI.

Tanggapan KPU Kabupaten Kepulauan Anambas terkait hat tersebut adalah;

  1. Untuk kesiapan KPU Kabupaten Kepulauan Anambas sampai saat setiap tahapan yang telah dilaksanakan tidak ada kendala yang benar-benar berarti kita KPU masih melaksanakan sesuai jadwal yang telah di tetapkan dan disusun oleh KPU RI
  2. Terkait Protokol Kesehatan Kami dari unsur penyelenggara berkomitmen dan tegas terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan dan mensosialisasikan ke masyarakat beserta pasangan calon dan team kampanye untuk menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan amanat, kemudian KPU Anambas sudah melaksanakan pilkada damai sekaligus penandatanganan fakta integritas untuk menjalankan protokol kesehatan kepada pasangan calon dan team kampanye.
  3. KPU Kabupaten Kepulauan Anambas telah banyak melaksanakan sosialisasi dari tingkat Kabupaten, Kecamatan Dan Desa sesuai dengan tahapan yang telah dilaksanakan, selain sosialisasi tatap muka yang jumlah Pesertanya terbatas dan tetap menjalankan protokol kesehatan KPU anambas juga memaksimalkan dalam penggunaan media sosial dan media dering dalam menyampaikan informasi-informasi pada setiap tahapan pemelihan serentak tahun 2020, selain itu spanduk dan umbul-umbul yang berisi informasi-informasi terkait tahapan pemilihan dan daftar pemilih serta jadwal tahapan yang dilaksanakan, kemudian selain itu juga KPU juga bekerjasama dengan telkomsel untuk program sms blast dengan tujuan agar segala informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas mengingat daerah Kepulauan Anambas yang masih belum maksimal jaringan internet dan daerah geografisnya banyak kepulauan.
  4. Untuk pelaksanaan protokol kesehatan, untuk kami penyelenggara sesuai tingkatan baik pengadaan masker sarung tangan, handsanitizer, fice sheild sudah di anggarkan di dalam anggaran APBN.

5. Sampai saat ini sinergitas serta hubungan baik kita KPU bersama pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas terjalin Komunikasi yang baik dan selalu berkoordinasi apabila terdapat kendala-kendala dan permasalahan pada saat menjalankan tahapan.