Latihan Evakuasi Bencana Kebakaran di RSUD Tarempa

Anambas – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Penanggulangan Bencana Daerah dan Satuan Pemadam Kebakaran Polisi Pamong Praja serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, melaksanakan kegiatan Latihan Evakuasi Bencana di Tarempa, Kecamatan Siantan (26/4/18).

Latihan evakuasi bencana itu dilakukan berupa latihan simulasi penanganan dan evakuasi bencana, Simulasi uji sirine atau alat peringatan bahaya bencana, latihan dalam motivasi kesiapsiagaan keluarga dalam menghadapi bencana, dan lainnya.

Adapun simulasi yang dilaksanakan secara rutin itu, pada kali ini dilakukan simulasi kebakaran yang terjadi di RSUD Tarempa dengan menelan korban luka bakar satu orang dievakuasi dengan menggunakan 1 unit Mobil Ambulance, selanjutnya di evakuasi menuju Puskesmas terdekat. Untuk selanjutnya Tim Damkar melaksanakan penanggulangan kebakaran dengan mengerahkan 3 Unit kendaraan pemadam kebakaran. Dalam waktu kurang lebih dua jam, latihan evakuasi bencana terhadap kebakaran gedung RSUD selesai dilaksanakan, didalam simulasi tersebut.

Pelaksanaan latihan evakuasi di Gedung RSUD Tarempa itu, melibatkan personel dari Tanggap Siaga Bencana (TAGANA) KKA sebanyak 10 personel dan satuan Pemadam kebakaran dari Polisi Pamong Praja KKA sebanyak 50 orang.

Hadir dalam kegiatan itu, Mirwansyah sebagai staf ahli bidang Pemerintah dan pembangunan, Mayor Laut (P) Budi Darmawan, Palaksa Lanal Tarempa, Hairul Syahadat, Kaban Kesbangpol dan PBD KKA, Hamka Lubis, Wakasatpol PP KKA, Agus Supratman, Kabid Damkar Satpol PP, Perwakilan Polres KKA, Perwakilan Dinas Kesehatan KKA.*