Home Featured Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan I Gelar Pelatihan Microsoft Office untuk Guru dan Tata Usaha SDN 010 Kundur

Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan I Gelar Pelatihan Microsoft Office untuk Guru dan Tata Usaha SDN 010 Kundur

0
Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan I Gelar Pelatihan Microsoft Office untuk Guru dan Tata Usaha SDN 010 Kundur
Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan I di SDN 010 Kundur

Kundur News – Teknologi berkembang begitu pesat khususnya perkembangan software saat ini, hal ini akan menjadikan seseorang menjadi tertinggal apabila tidak dapat memanfaatkannya. Salah satunya adalah Microsoft Office, software ini berkembang seiring dengan kebutuhan teknologi dalam membantu menyelesaikan pekerjaan khususnya yang dihadapi di dalam pekerjaan dalam belajar-mengajar dan administrasi sekolah.

Hal ini membuat mahasiswa berinisiatif melalui program Kampus Mengajar untuk mengadakan pelatihan dan mentoring Microsoft Office kepada guru dan tata usaha SD Negeri 010 Kundur dengan tema “Melalui Microsoft Office, Tenaga Kerja SDN 010 Kundur Maju Lebih Unggul pada Era Digitalisasi”. Kegiatan tersebut digelar setiap hari Sabtu selama 3 bulan yang dimulai dari bulan April hingga bulan Juni dan pelatihan dilaksanakan secara langsung bertempat di salah satu ruangan belajar SDN 010 Kundur.

Untuk diketahui, Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program kampus mengajar, mahasiswa akan ditempatkan di sekolah dasar di seluruh Indonesia dan membantu proses belajar mengajar, administrasi dan adaptasi teknologi di sekolah tersebut.

Di SDN 010 Kundur sendiri terdapat sebanyak 6 mahasiswa yang ditempatkan untuk melaksanakan program kampus mengajar yang salah satunya adalah mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan mengusulkan untuk membuat satu kegiatan kampus mengajar di SDN 010 Kundur yaitu pelatihan Microsoft Office.

“Masih banyak staf tata usaha dan para guru di SDN 010 Kundur yang tidak tahu dalam pengoperasian Microsoft Office, sehingga banyak pekerjaan yang dilimpahkan kepada operator atau kepala tata usaha” ujar Deko Kurniawan selaku Kepala Tata Usaha SDN 010 Kundur, Selasa (23/3/2021). Hal inilah yang menjadikan salah satu alasan pentingnya pelatihan Microsoft Office harus dilaksanakan di SDN 010 Kundur ini.

Pelatihan Microsoft Office yang diberikan berupa mengajarkan tata cara pengoperasian Microsoft Word dan Microsoft Excel yang dibutuhkan dalam administrasi sekolah dan belajar mengajar. Pelatihan dipandu langsung oleh mahasiswa Kampus mengajar dengan metode setiap mahasiswa me-mentoring 3 sampai dengan 4 guru dan tata usaha sekaligus dan satu mahasiswa yang memberikan instruksi di depan. Walaupun pelatihan berlangsung sederhana, tetapi pelatihan ini bisa memberikan sebuah perubahan besar untuk  pengetahuan dan Ilmu bagi guru dan tata usaha SDN 010 Kundur.

“Harapan saya dengan terlaksanakan Pelatihan Microsoft Office ini dapat menjadi wawasan baru dan Ilmu yang bermanfaat serta mempermudah administrasi SDN 010 Kundur kedepannya.” Tambah Deko Kurniawan.(*)

Ditulis oleh : Wahyu Oktavian
Jurusan : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan.