Kundur News.

PT Angkasa Pura II (persero) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan pengamanan di sejumlah bandar udara (bandara) di Indonesia guna menyambut Hari Raya Lebaran. Salah satunya di Bandara Sultan Thaha Jambi.

“Kami sebenarnya sudah ada pengamanan dari TNI untuk menjaga keamanan bandara sekitar 10-15 orang. Tapi ada perintah dari panglima untuk melakukan pengamanan di seluruh bandara di Indonesia tidak hanya di Jambi,” kata General Manager Angkasa Pura II Cabang Jambi, Achmad Syahir dikutip laman merdeka.com, Sabtu (2/7).

Achmad menjelaskan, sebanyak 90 anggota TNI AD akan disebar di beberapa titik di bandara, yakni di Terminal Lama, area VIP, dan di Terminal Baru. Nantinya pengamanan tersebut akan dilakukan hingga H+20 Lebaran.

“Di terminal lama, masih ada kegiatan cargo. Area VIP, masih terbuka sehingga perlu pengamanan. Dan di terminal baru ini perlu ditingkatkan ketertibannya. Saya harapkan bukan hanya melihat aspek keamanan tapi juga aspek ketertiban,” imbuhnya.

Sebelumnya, Achmad mengatakan hingga H-5 menuju Hari Raya Idul Fitri, jumlah kedatangan ke Jambi meningkat 4 persen dari tahun sebelumnya. Yakni dari 3.012 penerbangan di tahun 2015 menjadi 3.159 penerbangan, sedangkan untuk keberangkatan dari 2.618 penerbangan menjadi 2.633 penerbangan.

Dia memprediksi, puncak arus kedatangan akan terjadi pada H-2 Lebaran, sedangkan untuk arus keberangkatan akan terjadi pada H+5. “Tingkat kepadatan masuk Jambi kami perkirakan akan terjadi di H-2 dan H-1 seperti trend pada 2-3 tahun yang lalu. Karena di Jambi ini memang lebih banyak yang pulang kampung daripada yang pergi ke kota,” jelasnya.