Tanjungbatu – Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan, Forum Literasi Kundur menyelenggarakan Lomba Sastra bertema Ramadhan 2019 yang telah dilaksanakan 7 sampai 22 Mei 2019 bertempat di Balai Sri Gading, Tanjungbatu.

Camat Kundur,  Ery Noval Jadinata, mengatakan, kegiatan ini merupakan kontribusi nyata pemuda Kundur dalam menggerakan kebaikan khususnya dibidang literasi yang merupakan tradisi orang melayu.

“Lomba berbalas pantun dan musikalisasi puisi ini sebagai salah satu event  belajar bagi adik-adik, panitia yang masih SMA belajar berorganisasi tentu kedepan acara seperti ini harus lebih baik,  juga kepada peserta saya berpesan bahwa lomba ini bukan tentang menang kalah,  tapi tentang pengayaan pengalaman dalam tampil di depan publik,  jadi belajarlah dengan riang gembira di sini, ” ujar Ery saat sambutannya membuka acara secara resmi, rabu (22/05/19).

Ery berharap, kehadiran Forum Literasi Kundur sebagai penaja Lomba Literasi Ramadhan 2019 dapat  menjadi warna tersendiri dalam mengangkat kearifan lokal dan keunikan pulau Kundur melalui sastra.

Sementara, ketua Forum Literasi Kundur , Rudi Rendra mengatakan, sastra lisan dan tulisan merupakan warisan budaya melayu Kepulauan Riau,  yang harus dilestarikan.

“Ada pantun yang harus kita pelajari, sebab inilah warisan luhur tanah melayu yang harus kita warisi, kemudian puisi, bisa menjadi alat untuk mengangkat kearifan lokal pulau Kundur, dan banyak kenikmatan bila kita serius menggeluti program ini,  kami juga mengajak adik-adik untuk bergabung dalam kegiatan kami,  nanti kita bagi kelas fiksi dan nonfiksi sesuai usia” papar Rendra.

Setelah selesai lomba musikalisasi puisi dan berbalas pantun, panitia langsung mengumumkan para pemenang dari daftar lomba yang telah diselenggarakan.

Adapun daftar pemenang lomba sebagai berikut:

  1. Musikalisasi Puisi

Juara 1 SMAN 1 Kundur

Juara 2 SMAN 3 Kundur

Juara 3 SMPN 1 Kundur

 

2. Lomba Berbalas Pantun

Juara 1 SMAN 3 Kundur

Juara 2 SMKN Kuta

Juara 3  SMP Darul Furqan

 

3. Lomba Menulis Esai Ramadhan

Juara 1 Fadhylah Bayu dari SMAN 4 Kundur

Juara 2  Haikal Wahyudi SMAN 3 Kundur

Juara 3 Darma Sujianti dari MTS Al-Muttaqin

======================