Ujian Daring

ANAMBAS – Pelaksanaan Ujian Kelulusan SMPN 1 Palmatak berjalan dengan lancar. Dimana Sekolah Menengah Pertama tersebut mendapatkan support dari Medco E&P Natuna LTD, yang disalurkan melalui ICT APEDI.

Hal itu, mempermudahkan baik pihak sekolah maupun pihak orang tua dan siswa. Dimana dalam proses ujian sebelumnya menggunakan pensil dan kertas, kini pelaksanaan ujian menggunakan metode daring.

Meskipun menggunakan metode daring, pelaksanaannya masih terkonsentrasi dilingkungan sekolah, dikarenakan mengikuti kebijakan pemerintah daerah perihal melaksanakan pembelajaran secara tatap muka.

Kepala Sekolah, Moh Muslih mengatakan pelaksanaan ujian sekolah dalam tiga hari dapat dikatakan lancar tanpa kendala. Secara sarana sistem pembelajaran jarak jauh atau daring, SMPN 1 Palmatak mendapatkan support sepenuhnya dari Menco E&P Natuna LTD, yang disalurkan melalui ICT APEDI.

BACA :  Medco E&P Serahkan 30 Tempat Tidur Pasien Dan 200 Gawai Dari Pekerja

“Support yang diberikan oleh medco melalui Apedi kepada SMPN 1 Palmatak sangat membantu. Selain itu, mereka juga memberikan pelatihan mengoperasikannya kepada guru dan siswa yang akan menggunakannya,” ucap Kepsek Muslih kepada awak media, Rabu (07/04/2021).

Dikatakannya, banyak kemudahan yang dirasakan oleh siswa dan guru setelah menggunkan sistem pembelajaran jarak jauh ini. Salah satu yang saat ini dirasakan adalah dalam pelaksanaan ujian sekolah.

BACA :  Medco E&P Serahkan 30 Tempat Tidur Pasien Dan 200 Gawai Dari Pekerja

“Sekolah tidak perlu lagi ribet dengan pengadaan kertas dan pensil. Guru juga tidak perlu lagi mengoreksi hasil ujian. Dikarenakan hasil ujian dapat diketahui langsung oleh siswa. Ditambah lagi, orang tua dan siswa tidak direpotkan dengan masalah pembelian kuota internet dan sinyal jaringan internet,” katanya.

Dengan itu Ia berharap, semoga pelaksanaan ujian sekolah ini, menjadi langkah awal bagi SMPN 1 Palmatak untuk menerapkan system pembelajaran jarak jauh, walapun nanti dalam kondisi normal. Dan semoga dengan sistem ini SMPN 1 Palmatak dapat memenuhi tantangan pendidikan ERA Revolusi Industri 4.0.

BACA :  Medco E&P Serahkan 30 Tempat Tidur Pasien Dan 200 Gawai Dari Pekerja

Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Sistem ini mampu membuat proses pembelajaran dapat berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan batas waktu.

Selain itu, penerapan sistem pembelajaran jarak jauh ini menjadi bentuk ketercapaian dari visi SMPN 1 Palmatak, yaitu “Terwujudnya Lulusan dengan kompetensi Nasional yang memiliki IMTAQ dan menguasai IPTEK”.*