Foto bersama saat kampanye dialogis di Kecamatan Belat, Selasa (27/10)

KARIMUN – Jalan penghubung empat desa di Pulau Belat Kecamatan Belat dipastikan bakal diaspal tahun 2021 mendatang, dengan anggaran senilai Rp7,5 Miliar.

Kepastian itu disampaikan calon Bupati Karimun nomor urut 1, Aunur Rafiq, saat menggelar kampanye dialogis di Kecamatan Belat, Selasa (27/10).

“Sebelum saya cuti sebagai Bupati, sudah dianggarkan pengaspalan jalan ini. Sehingga nanti akan disahkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Karimun, M Yusuf Sirat, yang juga sebagai Ketua Tim Pemenangan Aunur Rafiq Anwar Hasyim (ARAH),” kata Rafiq.

Dikatakannya, memang tidak begitu nampak pembangunan yang dilakukan di wilayah Kecamatan Belat, karena dilakukan secara bertaahp, mulai dari pembangunan Puskesmas Kecamatan Belat, dilanjutkan pembangunan Kantor Camat Belat, kemudian mengejar ke Pemprov Kepri agar listrik di Belat dapat menyala 24 jam dan itu sudah terpenuhi, sehingga saat ini dilanjutkan dengan pengaspalan jalan.

Selain itu, pembangunan pelabuhan di beberapa desa, serta semenisasi yang dilakukan di semua Desa.

“Jadi kalau ada yang mengatakan kami ini pembohong dan tidak melakukan pembangunan, silahkan lihat sendiri dan buktikan pembangunan apa saja yang sudah kami lakukan, meski secara bertahap.

Menurut Rafiq, Kecamatan pemekaran seperti Belat dan beberapa Kecamatan lainnya tetap menjadi prioritas. Karena tujuan pemekaran adalah untuk pemerataan pembangunan. Apa lagi saat ini telah bertambah dua Kecamatan Baru sehingga total jadi 14 Kecamatan se Kabupaten Karimun.

“Maka itu juga tetap menjadi prioritas kita. Memang tidak secara menyeluruh kelihatan karena kita bangun secara bertahap. Sekarang tambah lagi dua Kecamatan baru jadi total ada 14 Kecamatan, dan itu pun telah kami anggarkan untuk dilakukan pembangunan ditahun 2021 mendatang,” jelas Rafiq.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan ARAH Kabupaten Karimun, M Yusuf Sirat menambahkan, anggaran pengaspalan jalan yang disampaikan Rafiq senilai Rp7,5 Miliar, progresnya saat ini telah selesai DED, sehingga tinggal menunggu dikerjakan.

“DED nya sudah siap, artinya, anggaran untuk pengaspalan jalan di Belat ini sudah dipastikan dikerjakan tahun depan,” ucap Ketua DPRD Kabupaten Karimun ini.

Paling lambat menurut dia, pengerjaan dilakukan triwulan pertama tahun 2021 atau pada Maret mendatang. Jalan tersebut akan menghubungkan empat desa, diantaranya Desa Penarah, Desa Sebele, Desa Lebuh dan Desa Sungai Asam.(*)