Tanah Merah — Pembinaan Komsos adalah merupakan salah satu kemampuan aparat teritorial yang harus dimiliki oleh seorang Babinsa, dengan melalui Komsos diharapkan akan mengetahui tentang segala kondisi wilayah yang berada diwilayah binaannya.

 

Untuk itu Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil Serda Agusmi Harianto selalu berkoordinasi dengan perangkat desa Tanjung Baru, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), pada Selasa (6/6/2023) pagi.

 

Dalam komsosnya tersebut membahas tentang kendala yang dialami warga desa Tanjung Baru dengan murahnya harga komoditi dan tingginya kebutuhan pokok.

 

“Memang saat ini, masyarakat sangat berdampak segi ekonomi, karena harga-harga Komoditi seperti pinang dan kelapa sangat murah, beda dibandingkan dengan kebutuhan pokok, naik dan belum ada turunnya. Namun masyarakat desa Tanjung Baru juga sebagian besar para nelayan sehingga roda perekonomian di sini masih berputar,” kata Serda Agusmi Harianto.

 

Menurutnya, masyarakat harus bersabar, dan tetap berusaha, yang terpenting jangan melakukan kegiatan yang melawan hukum, seperti mencuri dan kejahatan lainnya.

 

Lebih lanjut dikatakan Serda Agusmi sebagai Babinsa Koramil 02/TM pelaksanaan komsos bersama warga binaan bukan kegiatan seremoni saja tetapi melaluinya pihaknya bisa mendapatkan informasi.

 

“Selain itu kami juga bisa mengetahui setiap permasalahan yang di hadapi oleh warga binaan wilayah,” kata Serda Agusmi.

 

Menurutnya sebagai babinsa yang bertugas di wilayah bisa segera dapat memberikan solusi yang baik sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

 

“Dan kami juga mempunyai tanggung jawab kepada semua warga yang ada di wilayah binaan itu merupakan salah satu tugas seorang babinsa,” ujarnya.