Siswi MAN 1 Inhil Yetty Niza Mulyati mengharumkan nama Kabupatan Indragiri Hilir (Inhil) dengan memenangi juara 3 lomba membaca Puisi se-Indonesia. Dengan jumlah peserta 64 orang terdiri dari berberapa Universitas se-Indonesia. Minggu (11/4/2021).

Adapun lomba membaca puisi tersebut dilakukan dengan mengirimkan video ke pada pihak penyelenggara yaitu UNDRI Pekanbaru.

Saat dikonfirmasi melalui telepon Kepada pertanggung jawaban penyelenggaraan perlombaan puisi tersebut, Sri Widowati ia mengatakan pertikum sastra, bahwa itu itu tingkat umum dan dari se-Indonesia terdiri dari 23 universitas.

“Iya kita seleksi dulu umur peserta kalau masuk kategori baru bisa kita terima,” tandasnya.

Sri juga mengatakan dalam penilaian ada 4 poin ada pemahaman, ada penghayatan, vokal, penampilan.

“Itu kan juri yang menilai hasil kiriman video peserta pembaca puisi, dan dinilai langsung sama Juri layak apa tidak menjadi juara,” ucapnya.

Lanjut Sri, Untuk keseluruhan ada 64 peserta yang mendaftar dari berberapa Universitas se-Indonesia. Dan umum juga mendaftar sebagai pembaca puisi.

Dikatakan Sri, untuk juri ia mengatakan terdiri dari Dewan juri pihak UNDRI dan alumni UNDRI. Yang menjadi jurinya.

Dengan judul Puisi Perjalanan Kubur, membuat Yetty Niza Mulyati mengebat Juara 3 se-Indonesia.

Berikut nama-nama Pemenang lomba baca puisi

Juara 1 : Irma Syafitri, IPB
Juara 2 : Savrinda Annistri, Universitas Trisakti
Juara 3 : Yetti Niza Mulyati, MAN 1 Inhil

Harapan 1 : Ory Dwi Oktanur Universitas Riau
Harapan 2 : Fransisco Sitomorang Universitas Udayana
Harapan 3 : Syerly Agustin Permadani_MA Abu Darrin Bojonegoro.

“Selamat Kepada para pemenang
Terimakasih untuk seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam perlombaan baca puisi ini. Semangat dan terus Berkarya,” ungkap Sri.

Senada itu orang tua Yetty, Haiman saat di hubungi awak media ia membenarkan bahwa putri bungsu nya itu meraih juara 3 dalam perlombaan membaca puisi.

Ia sebagai orang tua merasa bangga dengan hasil yang di lakukan anak ketiga dari tiga bersaudara tersebut. “Syukurlah Alhamdulillah memang belum juara yang pertama tapi itu kan ajang nya udah tingkat Nasional, universitas aja ada 23 jadi anak saya mampu meraih juara 3 itu udah hal yang luar biasa,” ucapnya.

Kendati demikian ia juga berpesan kepada anak bungsunya tersebut Jangan merasa hebat dan Jagan merasa puas dengan hasil yang diperoleh.

“Terus gali potensi diri terus belajar terus tingkatkan kualitas yang terbaik, dan ada perlombaan terus ikuti,” tutupnya.

Berikut Link Lomba Baca Puisi yang dilakukan Yetty Niza Mulyati