Home Kepri Anambas Bupati Kepulauan Anambas Melepas 19 Calon Haji Ke Tanah Suci Makkah

Bupati Kepulauan Anambas Melepas 19 Calon Haji Ke Tanah Suci Makkah

0
Bupati Kepulauan Anambas Melepas 19 Calon Haji Ke Tanah Suci Makkah

Anambas – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris melepas Jama’ah Haji Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2022 di Masjid Jamik Baitul Rahim Tarempa, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Senin (13/06/2022).

Abdul Haris dalam penyampaiannya menjelaskan, bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas sangat serius dan secara optimal dalam mendukung pelaksanaan kegiatan jama’ah haji khususnya Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Bentuk dukungan dan keseriusan Pemda Anambas bersama pihak yang terlibat tidak main-main, mulai dari manasik dan lainnya hingga hari pelepasan ini, bahkan nanti sampai penjemputan bapak atau ibuk jama’ah kembali ke tanah air akan difasilitasi oleh Instansi terkait,” jelas Abdul Haris.

Dirinya juga bersyukur kepada Allah SWT, yang mana pada tahun ini kerajaan Arab Saudi mengizinkan untuk memberangkatkan haji dari seluruh Dunia, setelah dua tahun pelaksanaan haji terbatas hanya seribu orang saja yang berangkat pada tahun 2020 dan 2021 kemarin.

“Kita ketahui juga bahwa hampir 2 tahun kita pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak bisa mengrimkan calon-calon Jama’ah haji, dikarenakan covid-19, dan kita juga berharap bisa mengrimkan lebih banyak lagi dari hari ini, tetapi karena kendala-kendala itu makan hari ini kita harus bersyukur kembali kepada Allah SWT masih bisa mengrimkan calon jama’ah,” ucapnya.

Abdul Haris berharap, agar para jama’ah haji dapat selalu menjaga kondisi tubuhnya agar selalu dalam keadaan prima, sehingga tidak menyebabkan adanya halangan dalam melaksanakan Rukun Islam ke 5 ini.

“Saya harap kepada bapak – ibuk calon jama’ah haji tetap selalu menjaga kesehatannya, karena apa bila kita dalam kondisi yang tidak sehat tentunya nanti akan menghambat proses pelaksanaan ibadah atau rukun-rukun haji bapak-ibuk nantinya,” harap abdul Haris.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas, Erizal mengatakan, untuk Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri mendapatkan kuota sebanyak 19 orang calon jama’ah haji dari 100.952 orang di seluruh Indonesia.

“Tahun ini, Arab Saudi memberikan Kuota di seluruh dunia itu sebanyak 1 juta orang saja, dan Alhamdulillah dari 1 juta orang tersebut Indonesia diberikan kouta sebanyak 100.952 orang dan kita Kabupaten Kepulauan Anambas memberangkatkan sebanyak 19 orang calon jama’ah haji yang terdiri 7 orang laki-laki dan 12 orang perempuan,” kata Erizal.

Ia juga menjelaskan, rombongan dari Anambas sebelumnya sudah mendapatkan panduan dalam proses pelaksanaan ibadah, mulai dari manasik hingga lainnya. Nantinya, calon jama’ah haji Anambas akan tergabung dalam rombongan ke 4 dari keloter Kepulauan Riau, yang akan di dampingi oleh Dokter dan Perawat.

“Sebelumnya, seluruh Jama’ah Haji sudah mengikuti bimbingan manasik haji mulai dari tahu 2019 lalu, kemudian kemarin kita berikan lagi bimbingan manasik haji dan ahad kemarin kita mantap lagi. Jama’ah Haji kita secara resmi akan masuk ke asrama itu pada tanggal 14 juni dan sebelum keberangkatan para jama’ah haji kita ini di asrama akan di bekali dengan pemantapan-pemantapan manasik haji secara khusus kepada mereka, nanti akan ada juga tim kesehatan yang akan memeriksa para jama’ah haji kita ini,” jelas Erizal.

Erizal berpesan, agar para Jama’ah nantinya tidak ada yang ketinggalan dalam melaksanakan rukun hajinya, karena membutuhkan waktu agar dapat berangkat ke Kerajaan Arab Saudi kembali setelah pulang dari melaksana ibadah haji.

“Saya berharap para jama’ah nanti jangan sampai ada yang ketinggalan rukun hajinya, karena apa jika ingin mengulang lagi hajinya itu baru bisa mendaftar 10 tahun setalah kembali dari melaksanakan hajinya, jadi saya harap jangan sampai ada yang tertinggal,” pesannya.*