Terumbu karang buatan

Anambas – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan doa selamatan serta tepuk tepung tawar atas kegiatan pembuatan Terumbu Karang Buatan di Pelabuhan Nelayan Desa Tarempa Barat, Kamis (3/2/2022).

Terumbu Karang Buatan dilakukan sebanyak 10 Fish Apartemen atau 10 rumah ikan, yang nantinya akan dipasang di wilayah Batu Loso, Desa Tarempa Barat Daya.

Sekretaris DPC HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas, Dedi Syaputra mengatakan, pemasangan Terumbu Karang Buatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya, sebelumnya pada tahun 2020 telah dilaksanakan pemasangan sebanyak 20 Fish Apartemen di dua wilayah Kecamatan Siantan, yakni di Batu Loso dan Batu Tompak Tige.

“Alhamdulillah, ditahun 2022 ini kita kembali melaksanakan pemasangan Terumbu Karang Buatan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Medco E&P Natuna LTD, dimana HNSI Anambas selaku pelaksanaan kegiatan yang berkolaborasi dengan Loka Kawasan Konservasi Perairan Perairan Nasional Pekanbaru di Anambas dan Dinas Perikanan serta didukung penuh oleh TNI Polri,” ujar Dedi.

Adapun guna kegiatan ini sambungnya, menambah habitat terumbu karang yang tinggi keanekaragaman dan ekosistem laut untuk memastikan sumber daya perikanan terjaga dengan baik.

“Semoga Terumbu Karang Buatan yang kita pasang ini menjadi rumah ikan agar banyak ikan berkembang biak dengan tujuan dimasa mendatang masyarakat kita masih bisa makan ikan segar,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Ody Karyadi mendukung penuh kegiatan yang digagas oleh HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kegiatan ini sebagai langkah awal dalam melestarikan¬† pertumbuhan habitat ekosistem laut. Mengingat sebagian besar masyarakat Anambas bergantung hidup sebagai nelayan,” ujar Ody Karyadi dalam sambutannya.

Dirinya berharap dengan adanya pembuatan 10 Fist Apartment tersebut dapat memberikan dampak positif khususnya bagi nelayan pesisir Anambas agar tidak terlalu jauh untuk melaut dan bisa menambah hasil tangkapan agar lebih memadai.

“Dengan terbangun 10 fish Apartment ini semoga hasil tangkap nelayan semakin melimpah sehingga masyarakat dapat meningkatkan pendapatan secara ekonomi dan bisa berdaulat di daerah sendiri,” ucapnya.*

Previous articlePKBM Manarul Ilmi INHIL Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru 2022-2023
Next articleSerbuan Vaksinasi Koramil 07/Palmatak Kodim 0318/Natuna Sasar SD Desa Batu Ampar Kute Siantan