Wartawan diminta netral dalam Pilkada (Gambar Ilustrasi Pilkada)
Wartawan diminta netral dalam Pilkada (Gambar Ilustrasi Pilkada)

Karimun – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online Kabupaten Karimun (IWO) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menegaskan berada dalam posisi netral dalam Pilkada serentak 2020.

“Kami menegaskan IWO tidak memihak apalagi ikut-ikutan mendukung pasangan calon tertentu,” kata Ketua IWO Karimun Rusdianto di Tanjung Balai Karimun, Jumat (4/9/2020).

Rusdianto mengatakan harus kebijakan IWO untuk netral dalam pesta demokrasi sudah jelas diatur dalam.Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IWO.

Selain itu, netralitas wartawan merupakan implementasi dari Kode Etik Jurnalistik, bahwa wartawan hadir untuk kepentingan masyarakat.

“IWO memberi ruang kepada setiap kontestan Pilkada dalam pemberitaan. Intinya, wartawan itu ada dimana-mana. Setiap pasangan calon harus diberi porsi dalam hal pemberitaan,” katanya.

Rusdianto berharap kepada segenap anggota IWO Karimun agar dapat mengimplementasikan sikap netral dalam Pilkada serentak 2020.

“Kehadiran wartawan dalam satu kegiatan pasangan calon tertentu sah-sah saja. Tidak bisa langsung disimpulkan bahwa wartawan tersebut mendukung calon tersebut,” tuturnya.

Intinya, kata Rusdi, sikap netral harus tercermin dalam pemberitaan.

“Setiap pasangan calon harus diberi kesempatan untuk mendapat porsi pemberitaan dengan obyektif berorientasi kepentingan publik, dan memberikan pencerahan dan pencerdasan berpolitik kepada masyarakat,” tuturnya.*

 

Ketua PD IWO Karimun: Rusdianto

Sekretaris PD IWO Karimun: Tri Haryono