Inhil – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Yulizal kembali turun ke sekolah-sekolah untuk melakukan pembinaan secara langsung terhadap pengelolaan pustaka dan arsip, Selasa 16 Februari 2021.

 

Kali ini, didampingi sejumlah Kepala Bidang (Kabid), Kepala Seksi (Kasi) dan pegawai di lingkungan DPAD, Yulizal menyambangi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 7 dan 8 Tembilahan di Jalan Bunga, serta SDN 5 dan 20 Tembilahan di Jalan Pangeran Hidayat.

 

Kedatangan rombongan saat itu, disambut langsung oleh Kepala Sekolah (Kepsek), Majelis Guru, Tata Usaha (TU) serta Pengelola Pustaka dan Arsip di sekolah tersebut.

 

Kepala DPAD Yulizal yang diwawancarai awak media usai kegiatan mengungkapkan, saat ini di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Inhil terutama Tembilahan dan sekitarnya masih banyak ditemukan adanya gedung atau bangunan pustaka yang disatukan dengan ruang Kepsek, Majelis Guru atau TU.

 

“Kondisi ini hendaknya menjadi perhatian pihak sekolah dan kami sarankan untuk dipindahkan atau dipisah,” ujarnya.

 

Dijelaskan Yulizal, persoalan inilah yang perlu diberikan pembinaan agar bisa dilakukan perbaikan ke depan, sehingga pustaka tidak lagi dipandang sebelah mata dan bisa menjadi tempat yang menarik dikunjungi siswa-siswi, khususnya untuk membaca dan mencari ilmu sambil berekreasi.

 

“Saat ini, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) sudah menerapkan konsep Perpustakaan berbasis inkluasi sosial, dalam upaya menciptakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing. Inilah yang harus kita dukung dan wujudkan secara bersama-sama,” tambahnya.

 

Terkait dengan penyelenggaraan arsip, pihak sekolah diingatkan untuk membuat arsip dokumen yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, yakni Peraturan Gubernur Riau Nomor 111 Tahun 2016 tentang Kode Klasifikasi Arsip di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, serta Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2010 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

 

Sementara itu, Kepala SDN 020 Tembilahan, Aloha mengucapkan terima kasih atas kunjungan, bimbingan dan pembinaan yang diberikan langsung oleh Kepala DPAD Inhil beserta jajaran.

 

“Ke depan, kami akan terus memaksimalkan penyelenggaraan pustaka dan arsip yang ada di sekolah kami. Segala saran dan masukan yang telah diberikan, tentunya akan kami ikuti sebagai perbaikan pelayanan,” imbuhnya./Rls.