Rakor Forum Pembaruan Kebangsaan

Anambas – Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) dengan tema “Konsolidasi Peran Masyarakat Lintas Etnis Guna Memperkokoh NKRI Menyongsong Pilkada Serentak 2020”, yang digelar di Hotel Trovikal Inn, Jl. Hang Tuah, Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Rabu (19/02/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain : Abdul Haris (Bupati KKA), Andi Agrial (Kaban Kesbangpol KKA), AKP Bob Ferizal (Kabagops Polres KKA), Ria Wina (Kabid Ideologi Prov. Kepri), Peltu Wamada (Plh. Danramil 02 Tarempa), Edi Londo (Wakil Ketua HNSI KKA), Kapten Laut (S) Imam Safei (Pasintel Lanal Tarempa), Fitriatin (Kelurahan Tarempa), Ridarmaji (Mewakili Kacabjari Tarempa), Tokian Kiong (PSPMI), serta diikuti tokoh masyarakat dan tokoh agama.

BACA :  Terkoneksi Internet, Bupati Sampaikan Terimakasih Kepada Telkomsel

Bupati KKA, Abdul Haris menyambut baik kegiatan tersebut, dengan harapan dapat menambah wawasan dan memperkokoh nilai-nilai kebangsaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Selain itu diharapkan melalui forum ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa antar entis yang bermajemuk khusus nya di Kabupaten Kepulauan Anambas dengan semboyan “Bhineka tunggal ika”. Dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat memupuk dan mengoptimalkan rasa satu kesatuan di Kabupaten Kepulauan Anambas,” kata Abdul Haris.

Kesbangpol KKA, Andi Agrial, pada sambutan mengatakan, tujuan dari kegiatan itu adalah memfasilitasi dialog pengurus FPK Kabupaten Kepulauan Anambas yang berhubungan dengan Pembauran Kebangsaan.

BACA :  (Foto) Kunker Bupati Anambas dan Wakil Ke Sejumlah Desa di KKA

“Menampung aspirasi Anggota FPK dan aspirasi dari masyarakat setempat. Mendorong Pemberdayaan Forum Pembauran Kebangsaan agar lebih mengoptimalkan perannya dalam pembangunan, memeliharan ketentraman masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman keutuhan bangsa khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas,” katanya.

Kabid Ideologi Prov Kepri, dalam materi yang salahsatu disampaikan, Kesadaran Bela Negara didasari oleh empat Konsensus, Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Ancaman dan tantangan terhadap karakter Bangsa. Pemahaman dan penghayatan terhadap empat Konsnensus Dasar Bangsa masih rendah. Sebagai gererasi muda cenderung terpengaruh gaya hidup hedonisme, individulistik, materialisme, dan vandalisme. Pengaruh narkoba, radikalism, miras oplosan, pornografi, dan lainnya,” katanya.

Penyampaian Materi dari AKP Bob Ferizal (Kabagops Polres KKA) mengatakan,” Gangguan terbesar yang dapat memecahbelah NKRI bukan dari gangguan dari negara lain melainkan gangguan dari dalam negeri sendiri. Banyak contoh negara negara yang dahulunya besar kini hancur dikarenakan permasalahan konfik didalam negerinya. Sehingga kami berharap kepada seluruh perwakilan dari FPK lintas etnis apabila ada gangguan kerawan di masyarakat dapat di atasi dengan cara bermusyawarah dan mengesampingkan ego masing masing,” kata dia.

BACA :  (Foto) Bupati Anambas Kunjungan Kerja Di Desa BatuBelah

“Mengingat pada tahun ini merupakan tahun politik yaitu pemilukada tahun 2020 kami juga berharap partisipasi dari FKP di Kabupaten untuk bersama sama mengamankan agenda pemilukada dan menciptakan pemilukada yang aman, damai, dan tentram,” pungkasnya.*