Kundurnews – Tanjungberilan – Dalam rangka satu tahun kepengurusan Kwatir Rantir (Kwaran) Kundur Utara, sebanyak 800 Anggota Pramuka dari tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak mengikuti kegiatan Perkemahan di Lapangan kantor Camat Kundur Utara.

Perkemahan dilaksanankan pada Jumat, Sabtu Minggu (Perjusami) 28-30 Oktober 2016, diikuti pramuka dari Kundur, Kundur Barat, Moro, Dumai, Ungar dan Belad.

Mereka terdiri dari SD, SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat.

Zulkani selaku ketua Panitia perkemahan mengatakan, dalam gerakan pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda yang mempunyai tugas pokok yang diantarannya untuk mempersiapkan generasi muda yang cakap mental, terampil, bermoral, berakhlak mulia menuju manusia seutuhnya, dan berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan nasional sehingga terwujud masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan penuh kedamaian dibawah lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Runtuhnya generasi muda maka runtuhlah juga negara ini. Kegiatan perjusami ini juga digelar beberapa lomba nantinya,” ungkap Zulkani, saat usai upacara pembukaan. Jumat (28/10).

Camat Kundur Utara dan juga sebagai Ketua Majelis Ranting (Kamabiran) Kundur Utara M. Yunus dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan semua pihak yang terlibat, karena mendukung kegiatan perjusami ini sehingga berjalan dengan sempurna tanpa ada hambatan.

“Pramuka merupakan kaum muda yang berkepribadian dan berjiwa bela bangsa, gerakan pramuka merupakan penyatuan dari berbagai organisasi kepemudaan yang selalu teguh dan berkepribadian, menjunjung Tri satya dan Dasa Darma,” Terang Yunus.

Lebih lanjut Yunus mengungkapkan, pendidikan non pormal sangatlah penting untuk pendukung pendidikan formal, karena hal ini telah terbukti selama berpuluh-puluh tahun, Pramuka menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkwalitas  yang mampu memanjukan bangsa Indonesia.*

 

 

(Om.Zuren)