penghuni_ruang_tahanan_karimun_diajak_khatam_al_quran

Kundur News – KARIMUN – Para penghuni Rutan Kelas II A Tanjungbalai Karimun besok, Kamis pagi (20/4) akan mengikuti khataman Al-Qur’an, yang digelar oleh tim Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun bekerjasama dengan seluruh pegawai di rutan.

Kepala Rutan Kelas II A Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan menyambut baik rencana khataman Al-Qur’an yang akan melibatkan seluruh penghuni rutan beragama Islam itu, yang digelar oleh tim Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun. Karena akan sejalan dengan beberapa agenda yang telah disusun oleh pihak rutan sendiri. Seperti khatam Qur’an, olahraga tradisional, bakti sosial, dan paskah bersama.

“Kami juga memiliki beberapa agenda yang telah disusun sempena hari bhakti pemasyarakatan ke 53. Sehingga dengan agenda yang digelar tim Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun ini tentunya sejalan dari apa yang kami renacnakan. Nantinya kita semua akan bersinergi dalam menggelar khataman Al-Qur’an bagi para penghuni rutan ini,” kata Eri, Selasa (18/4)

Menurutnya, pihak rutan telah mendata semua penghuni yang beragama muslim sebanyak 392 orang dari total 439 penghuni. Dari jumlah tersebut sudah ada 150 orang yang dinilai lancara membaca Al-Qur’an. Sehingga sudah dibentuk kelompok untuk mengaji sampai khatam. Sedangkan sisanya yang masih belum lancar akan dipandu oleh hafiz atau penghafal Al-Qur’an yang disediakan tim Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun.

“Rencananya akan kita gelar di Masjid Attaubah didalam rutan ini. Nantinya akan kita bangun tenda didepan masjid agar semuanya bisa ikut mengaji,” terang Eri.

Sementara, Koordinator Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, berbeda dari tahun sebelumnya agenda program nusantara mengaji kali ini akan digelar di rutan. Sedangkan tahun lalu digelar di Masjid Agung Kabupaten Karimun dengan melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten Karimun di semua pulau.

Menurutnya, agenda yang diprakarsai oleh Muhaimin Iskandar itu nantinya akan digelar serentak se Indonesia di 540 rutan. Nantinya akan ada telekonfence dari Cak Imin (sapaan akrab Muhaimin Iskandar), sebagai tanda telah dimulainya kegiatan khataman Al-Qur’an yang digelar tim Nusantara Mengaji Kabupaten Karimun.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak para penghuni rutan khususnya beragama muslim agar dapat mencintai Al-Qur’an, sehingga memiliki keinginan mempelajari dan mengamalkan,” katanya.

Kegiatan Nusantara Mengaji ini juga akan disejalankan dengan agenda isra’ mi’raj di rutan.*