Persiapan Idul Adha, Polsek Kundur Bersama Pihak Puskeswan, Cek Kesehatan Hewan Kurban

Tanjungbatu – Polsek Kundur Polres Karimum bersama pihak Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) UPT Tanjungbatu melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban khusus sapi, agar layak untuk dikurbankan pada musim Idul Qurban tahun 2021.

Kapolsek Kundur, Kompol Muhamad Qomarudin, mengatakan pemeriksaan tersebut fokus pada penyakit mulut dan kuku pada sapi.

“Monitoring bersama UPT Puskeswan Tanjungbatu tentang permasalahan penyakit mulut dan kuku pada sapi yang kita lakukan pada semua tempat khususnya di wilayah desa Sungai Ungar,” kata Qomarudin, Kamis (02/06/2022).

Hasil inspeksi yang dilakukan nakeswan bersama Polsek, di perternakan milik Farhan sebanyak 13 ekor sapi dan Iwan sebanyak 30 ekor sapi, dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit mulut dan Kuku.

“Dari hasil pemeriksaan kami, tidak ada ditemukan penyakit khususnya penyakit mulut dan kuku. Semua hewan kita nyatakan sehat,” ujar Yuriadi, Kepala Puskeswan UPT Kundur.

Yuriadi mengungkapkan, jumlah hewan kurban tahun ini mengalami kekurangan stock.

“Kebutuhan hewan kurban se Pulau Kundur, tahun ini setidaknya dibutuhkan 70 hingga 100 sapi,” tutup Kepala Puskeswan.*

Previous articleWakil Bupati Asahan Buka Diklat 3 In 1 Angkatan 17 Tahun 2022
Next articleUsai Zoom Meeting Bersama Kemenpan-RB, Kadis Kominfotik Anambas, Jeprizal Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik