Home Kepri Kundur

Pringatan Hari Dongeng Sedunia, Fosma Kundur Adakan Kegiatan Literasi Anak

Literasi Anak

Tanjungbatu – Dalam rangka memperingati hari dongeng sedunia yang jatuh pada 20 Maret dan hari puisi sedunia yang jatuh pada 21 Maret, sejumlah pemuda yang tergabung dalam forum silaturrahmi pemuda (fosma) Kundur menyelenggarakan kegiatan Literasi Anak, yang digelar di Balai Pemuda Tanjungbatu dan di Pantai Lubuk, Ahad, (21/03/2021).

Ketua Fosma Kundur, Hamdi, mengatakan, untuk mengoptimalkan antusiasme masyarakat, kegiatan itu dibagi menjadi dua sesi yang disesuaikan dengan waktu dan lokasi keramaian.

“Dimana sesi pertama berlangsung pada pukul 08.00 s/d 11.00 di Balai P:emuda & Budaya Kecamatan Kundur dan sesi kedua berlangsung pada pukul 14.00 s/d 18.00 di pantai Lubuk Kecamatan Kundur,” ujar Hamdi.

Dijelaskannya, kegiatan Literasi Anak yang berifat sederhana namun penuh makna, yang terdiri dari beberapa agenda.

“Lapak Buku, Sosialisasi dan Motivasi, Berdongeng, Berpuisi, dan Pembagian Buku Dongeng Gratis kepada anak-anak yang datang dalam acara,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan itu, fosma berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Kundur (HIMK) Tanjungpinang – Bintan, Forum Literasi Anak, dan Taman Baca Masyarakat (TBM) Layar Negeri. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mempererat silaturrahmi dan memperkuat persatuan pemuda sepulau Kundur.

Literasi Anak, yang digelar Fosma Kundur, di Balai Pemuda Tanjungbatu
Literasi Anak, yang digelar Fosma Kundur, di Balai Pemuda Tanjungbatu

“Ditengah pandemi covid-19, literasi yang seharusnya menjadi bagian dari proses pertumbuhan seseorang kian redup, khususnya pada kalangan anak-anak. Oleh karena itu, kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi pemantik dalam upaya menanamkan budaya literasi pada anak-anak di pulau kundur,” tukasnya.(*)

==========================