Home Kepri Kundur

Proses Pembongkaran Kuburan di Pesantren Menjadi Pusat Tontonan Warga

Warga-menyaksikan-pembongkaran-kuburan-di-Pesantren-Nurul-Aulia
Warga menyaksikan pembongkaran kuburan di Pesantren Nurul Aulia, Ahad, (04/07/2021).

Tanjungbatu – Proses penggalian kubur di kebun cabe Pondok Pesantren Nurul Aulia Al-Mukhlasin, di Dusun III Parit Baru desa Sungai Sebesi Kecamatan Kundur, menjadi pusat tontonan warga. Sekitar ratusan warga yang melihat dari kejauhan atau hanya disekitar pelantaran bangunan pondok.

Penggalian dimulai dari pukul 10:20 Wib, dan selesai sekira pukul 11:45, kemudian dikebumikan kembali ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di KM 5 Tanjungbatu Barat, Ahad (04/07/2021).

Penggalian sepenuhnya dilakukan pihak Pondok Pesantren Nurul Aulia, oleh karena keterbatasan tenaga maka pihak pondok membayar penggali khusus, warga Parit Seratus.

BACA :  Diduga Kebumikan Jenazah Diam-diam, Pihak Pesantren Nurul Aulia Diminta Transfaran dan Pindahkan Ke Pemakaman Umum

Penggali dilakukan sebanyak lima orang yang diketuai oleh Zainudin alias SBY. Untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19, SBY bersama rekannya mengenakan baju hazmat (APD). Jenazah kemudian dimasukan kedalam peti selanjutnya dibawa ke TPU dengan mobil jenazah JAM (Jemput Antar Mayat).

Proses pembongkaran kuburan
Proses pembongkaran kuburan yang dipimpin oleh SBY

“Alhamdulillah dengan niat kita yang ikhlas proses pemindahan jenazah berjalan dengan lancar. Kondisi jenazah dalam keadaan baik, ikat limanya masih tetap sempurna dan tetap bersama kita pindahkan,” kata SBY.

BACA :  Besok Pembongkaran dan Pemindahan Jenazah Dari Pesantren Nurul Aulia Ke TPU

Rencana awal, pemindahan jenazah yang diketahui bernama Zainal A Tanjung (64), dilakukan pada hari kemarin, Sabtu 03 Juli 2021. Namun pada hari itu dilakukan penandatanganan pernyataan dari penanggungjawab Pondok Pesantren Nurul Aulia Al-Mukhlasin, yaitu Akhmad Saukami Harahap (43). Isinya tentang pembongkaran dan pemindahan kuburan ke TPU adalah sepenuhnya menjadi tanggungjawab Akhmad Saukami Harahap.

Jenazah saat dikebumikan di TPU KM 5 Tanjungbatu Barat
Jenazah saat dikebumikan di TPU KM 5 Tanjungbatu Barat

Penandatanganan disaksikan dan ditandatangani oleh Perwakilan Pondok, Suhardi, Ketua RT 01, Jefri, dan ketua RW, M Fitri. Hadir dalam rapat tersebut, Camat Kundur Saifullah, Kepala KUA Kundur Muhrizal, Kades Sei Sebesi Nazarudin, tokoh agama Kundur, dr H Zulfan Effendi, Kapus Tg Batu Azman, Bhabinkabtimas, Babinsa, Toga dan Tomas setempat.

BACA :  Besok Pembongkaran dan Pemindahan Jenazah Dari Pesantren Nurul Aulia Ke TPU

Almarhum Zainal A Tanjung diketahui meninggal pada Jum’at Sore, 25 Juni 2021, dan dimakamkan di sekitaran Pondok. Pada hari ini pihak pondok melakukan pemindahan ke TPU KM 5 Tanjungbatu Barat. Menurut rencana, warga Parit Baru akan menggelar do’a bersama di surau Al-Anwar, doa selamatan, semoga Almarhum tenang di alam kubur.*

==========================