Enok  — Dalam upaya mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Kodim 0314/Inhil kembali menelusuri areal perkebunan melaksanakan patroli di titik-titik rawan Karhutla.

 

Kegiatan yang dilaksanakan Babinsa Serma Boy R Sitompul ini juga untuk menjaga lingkungan desa binaannya yang ada di wilayah Koramil 02/Tanah Merah, di desa Simpang Tiga Daratan, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, pada Senin (8/5/2023) pagi.

 

Dandim 0314/Inhil, Letkol Arh M Nahruddin Roshid yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TM, Letda Inf Agusturahim mengatakan, bahwa pihaknya Koramil 02/TM terus memantau daerah rawan karhutla bersama pihak terkait lainnya terus turun ke lapangan memastikan tidak ada kebakaran hutan dan lahan.

 

“Anggota Koramil 02/TM terus melakukan patroli di kawasan yang rawan kebakaran hutan dan lahan. Pemantauan dilakukan di areal perkebunan ataupun hutan untuk memastikan tidak ada titik api. Jika ada kebakaran hutan dan lahan, kita bersama masyarakat dan karyawan perusahaan akan bergerak cepat untuk memadamkannya,” ujarnya.

 

Dirinya juga menyampaikan, selain melakukan patroli, pihaknya juga melakukan sosialisasi menghimbau masyarakat, petani dan pihak perusahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

 

Dengan dilaksanakannya patroli dan sosialisasi ini, ia berharap Karhutla bisa diantisipasi sehingga tidak muncul bencana kabut asap.

 

“Mari kita saling menjaga wilayah kita masing-masing agar tidak ada kebakaran hutan dan lahan karena bisa menimbulkan dampak akan merugikan kita semua, karena itu kewajiban kita bersama juga untuk menjaga supaya tidak terjadi Karhutla,” ujar Danramil 02/TM Letda Inf Agusturahim.

 

Sementara itu Serma Boy R Sitompul

berharap adanya kepedulian seluruh pihak dalam mencegah karhutla dengan bersinergi melakukan tindakan pencegahan dan juga saling menjaga lingkungan.

 

Dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut di desa-desa binaan pada hari ini tidak ditemukan titik api dan asap hasilnya nihil.