Karimun – Kundur News – Kapolres Karimun, AKBP Suwondo Nainggolan, berseta jajarannya menggelar Pelantikan dan setijab, Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Karimun, AKP I Gede Ngurah Joni Mahardika diangkat menjadi Kasat Lantas Polres Bintan. Sedangkan pengantinya adalah AKP Putu Bayu Pati, semulanya menjabag sebagai Kanit Sarang Subditdikyasa Ditlantas Polda Kepri.Acara berlangsung khidmad, di rupatama Mapolres Karimun, Jum’at (17/4/2015) sekitar pukul 10.00 WIB tadi.

Pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) ini berdasarkan Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolri Nomor 60-61-62/IV/2015 tertanggal 2 April 2015, juga berlaku untuk jabatan Kapolsek Kundur.

Yang mana sesuai STR itu Kapolsek Kundur, Kompol Jamaluddin jabatan barunya sebagai Kabag Ops Polres Tanjungpinang. Mengantikan posisi tersebut, Kompol Basta Nababan, semula menjabat sebagai Kepala Siaga III SPKT Polda Kepri.

Dalam amanatnya AKBP Suwondo Nainggolan mengatakan, pelantikan dan sertijab dimaksudkan dalam rangka pembinaan karir personel serta penyegaran ditubuh organisasi.

“Diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan managerial, kemudian kemampuan operasional suatu kesatuan, sehingga secara keseluruhan akan mampu menjalankan tupoksi maupun tanggungjawab yang telah diamanatkan oleh UU,” ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, juga merupakan salah satu proses pemantapan kepemimpinan dalam rangka mendinamisir organisasi, guna memenuhi tuntutan tugas pokok selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Tugas tersebut bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan. Mengingat ancaman gangguan kamtibmas yang semakin meningkat di era globalisasi dewasa saat ini,” ucapnya.

Pada kesempatan ini AKBP Suwondo Nainggolan menyampaikan, kepada pejabat baru dilantik segera beradaptasi dan mempelajari situasi kesatuan dengan bekal pengalaman diperoleh selama ini, begitu juga pejabat lama yang dimutasi.

“Secara pribadi, saya mengapreasi kinerja yang telah dilakukan Kompol Jamaluddin selama menjabat sebagai Kapolsek Kundur, begitu juga dengan AKP I Gede Ngurah Joni Mahardika,” tuturnya.

Sambungnya, untuk Kapolsek Kundur yang baru, selain cepat beradaptasi juga harus cepat membaca situasi.

“Sebagaimana diketahui Pulau Kundur sangat jauh dengan Polres Karimun, jarak tempuhnya kisaran 1,5 jam. Jadi Kapolseknya jangan tunggu situasi ‘merah’. Maka dari Kapolsek perlu memasang jaringan intelijen ke masyarakat,” tegasnya mengakhiri.