Aksi-Tutup-Mulut,-HPN-2019-Anambas

ANAMBAS – Gabungan seluruh media cetak, elektronik maupun online yang terdaftar di Kabupaten Kepulauan Anambas menyepakati untuk menggelar kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN)  tahun 2019.

Kesepakatan itu dibicarakan di kedai kopi Ester Jalan Merdeka Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan, Kamis (31/1). Hasil musyawarah kecil memutuskan untuk membentuk struktur panitia pelaksana kegiatan yang diberi nama Panitia Bersama HPN 2019 di Anambas, panitia meminta kepada saudara Indra Gunawan untuk menjadi Ketua Pelakasana HPN 2019 di Anambas.

“Ya benar, kita akan menggelar kegiatan dalam rangka memperingati HPN 2019 di Anambas. Kebersamaan itu membuat semangat untuk bergerak. Bagi insan pers dan masih memiliki jiwa pers tidak akan pernah menolak atau menidakkan acara ini,” kata Indra kepada seluruh wartawan yang hadir ketika dimintai tanggapannya, Jum’at (1/2/2019).

Panitia akan menjalankan sejumlah kegiatan diantaranya menggelar aksi damai (diam_red) pada tanggal 8/2 di depan tugu buak. Aksi itu sebagai bentuk kepedulian insan pers di anambas agar tidak ada terjadi tindakan kriminalisasi terhadap insan pers.

“Kita gelar aksi damai dengan cara menutup mulut menggunakan plaster (lakban). Aspirasi yang akan disampaikan melalui tulisan-tulisan di atas karton. Tanpa suara selama aksi berlangsung,” sebut dia.

Ia menambahkan, pada tanggal 9/2 nantinya akan digelar Forum Discution Group dengan sejumlah stakeholder dan elemen masyarakat. FGD itu bertujuan untuk memperat silaturahmi antara narasumber dengan pemburu berita. Banyak hal yang akan dapat disampaikan dalam diskusi nanti. FGD di gelar di Balai Pertemuan Masyrakat Siantan (BPMS).

“FGD nanti itu akan lebih seru, sebab sejumlah narasumber bisa menyampaikan nasehat, saran, kritikan terhadap pemburu berita. Kami akan berikan ruang itu kepada narasumber dalam rangka HPN 2019,” jelas dia.

Diketahui, sudah 10 tahun Kabupaten Kepulauan Anambas ini dibentuk, kegiatan HPN 2019 yang pertama kali digelar di Anambas.”Kita harapkan semua pihak dapat mendukung dan diharapkan partisipasinya dalam agenda yang akan kami laksanakan nanti. Selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019,” tukas dia.*