Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan pemaparan dalam rapat bersama pelaku UMKM dengan perbankan, di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati, Senin (13/7)

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq menegaskan kepada pihak perbankan, agar dapat memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menggunakan berbagai cara.

Hal itu disampaikan Rafiq saat memimpin pertemuan dalam rapat bersama pelaku UMKM dengan perbankan, di ruang rapat Cempaka Putih Kantor Bupati, Senin (13/7).

“Kami minta agar perbankan membuat seminar dan pelatihan, kemudian ciptakan media promosi untuk membantu pemasaran produk UMKM. Tak kalah pentingnya adalah, lakukan pembinaan dan berikan informasi melalui teknologi, agar dapat membantu pemasaran di media online,” pesan Rafiq.

Penegasan yang disampaikan Rafiq bukan tanpa alasan. Pasalnya, para pelaku UMKM mengaku butuh dukungan pihak Bank agar dapat membantu kegiatan usaha mereka. Kondisi yang terjadi saat ini adalah, cukup banyak UMKM yang tutup akibat pandemi Covid-19.

Pelaku UMKM juga meminta agar kerja sama dari pemerintah dalam hal pengurusan surat izin bisa lebih dipermudah, sertaberikan solusi dalam menjalani kegiatan mereka meski dimasa pancemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Aunur Rafiq meminta agar kedua belah pihak dalam hal ini pelaku UMKM dan perbankan dapat menjalin komunikasi dengan baik, sehingga kelangsungan usaha masyarakat dapat terus menggeliat.(*)