DPAD Inhil: Pengelolaan Perpustakaan Dengan Baik, Dapat Menimbulkan Minat Baca Anak

DPAD Inhil

Inhil – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Yulizal meminta kepada pihak sekolah agar dapat mengelola perpustakaan dengan sebaik-baiknya, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca peserta didik.

Permintaan tersebut disampaikannya saat berkunjung dan memberikan pembinaan langsung ke Perpustakaan Sri Gemilang Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Enok, Jum’at 19 Maret 2021 kemarin.

Dikatakan Yulizal, kepala sekolah, guru dan peserta didik harus mampu memanfaatkan perpustakaan dengan, khususnya untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang tidak hanya melalui buku paket saja, tetapi ada juga pada buku-buku fiksi dan non fiksi.

“Jagalah perpustakaan kita, tatalah dan kelolalah dengan baik, sehingga mampu menarik minat anak didik untuk berkunjung dan mau membaca di perpustakaan,” ujarnya.

Dijelaskan Yulizal, membaca dan mencari ilmu pengetahuan di perpustakaan sangat dianjurkan bagi peserta didik. Apalagi melihat fungsinya sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa, maka tidak salah jika perpustakaan menjadi komponen penting dalam pengembangan dan peningkatan pendidikan.

“Oleh karenanya, peran pihak sekolah sangat diharapkan terutama dalam memberikan motivasi kepada siswa/siswi dan masyarakat, khususnya dalam upaya meningkatkan minat baca,” terangnya.

Sedangkan DPAD, lanjut Yulizal, akan terus memberikan pembinaan terhadap perpustakaan yang ada di Kabupaten Inhil. Pasalnya, saat ini dalam program Gerakan Literasi Nasional (GLN), keberadaan perpustakaan sangat penting.

“Dengan pembinaan ini, mudah-mudahan akan terus ada perubahan ke arah yang lebih baik, dalam upaya meningkatkan minat baca di perpustakaan sekolah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Enok Syamsirwan menyatakan sangat menyambut baik kunjungan dan pembinaan perpustakaan yang dilakukan oleh Kepala DPAD Inhil beserta jajaran.

“Tadi, kami telah mendapat arahan terkait apa saja yang harus kami lakukan di perpustakaan sekolah ini. Ke depan, kami akan terus berbenah agar menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Turut hadir saat itu, Korwil UPTD Disdik Enok H Syahril, Kasi Pengembangan Koleksi Bahan Perpustakaan DPAD Hj Kasmawati, serta Kasi Layanan Otomasi kerjasama Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca DPAD, Siti Marwah.

Previous articleAunur Rafiq – Anuar Hasyim (ARAH) Hadiri Rapat Pleno KPU Penetapan Calon Bupati Terpilih
Next articleBupati Kepulauan Anambas Buka STQH Ke – VII Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas Di Kecamatan Siantan Selatan