Tanjungbatu – Perayaan Imlek tahun 2021 terpantau sepi khususnya di pusat perayaan di Vihara Dharma Shanti Kundur, pada Kamis malam, (11/02/21).

Kondisi ini sangat berbeda jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada terdengar keriuhan suara barongsai, petasan, pesta kembang api serta arak-arakan, dan tidak tampak umat Budha yang melakukan ritual di Vihara terbesar tersebut.

Salah satu warga saat ditemui disekitaran Vihara mengatakan, sepinya perayaan Imlek merupakan bentuk kepatuhan masyarakat terhadap anjuran pemerintah atas larangan berkumpul dalam mencegah cluster baru penyebaran covid-19.

“Adanya larangan berkerumun jelas membuat perayaan Imlek lebih sepi. Karena jika ada barongsai, sembahyang bersama dan menyalakan petasan, akan mengundang warga datang untuk melakukan kerumunan,” ungkapnya.

Dikatakannya juga, perayaan tahun baru Cina atau Imlek disaat pademi ini, umat Budha memanjatkan doa dirumahnya masing-masing.

“Mereka memilih untuk berdoa di rumahnya masing-masing, kemudian berkumpul bersama keluarga untuk makan bersama,” tukasnya.

Tampak sejumlah petugas dari Polsek Kundur berjaga-jaga disekitaran Vihara.

Semoga pademi covid-19 segera berakhir, sehingga kita dapat kembali melakukan aktifitas seperti biasa.*