Gubernur Kepri Ansar Ahmad membahas persiapan Groundbreaking dengan IMI Kepri, di Bintan, Minggu (6/3)

BINTAN – Provinsi Kepri akan memiliki arena atau sirkuit F1, berlokasi di kawasan wisata Kabupaten Bintan.

Sebagi persiapan awal, rencananya akan dilakukan groundbreaking lahan pada 17 Maret mendatang, dihadiri langsung oleh Meneri Pariwisata RI, Sandiaga Uno.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, sebelum dilakukan groundbreaking, akan dilakukan rapat final di Jakarta bersama tim Kementerian.

“Hadirnya sirkuit F1 di Bintan nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya Indonesia yang akan mengalihkan perhatiannya ke Kepri, namun mata dunia akan tertuju ke Kabupaten Bintan,” ujar Ansar Ahmad dalam menggelar rapat terbatas bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Lagoi-Bintan, Minggu (6/3) pada pembahasan persiapan rencana groundbreaking.

Dikatakan Ansar Ahmad, proyek sirkuit internasional dan bergengsi tersebut, sudah melalui pengkajian tim konsultan dari Inggris. Bahkan manageman kawasan wisata Lagoi dalam hal ini PT.Bintan Cakrawala Resort (BRC), telah menyiapkan lahan seluas 75 hingga 100 hektare, untuk mewujudkan pembangunan sirkuit balap Internasional di kawasan wisata terpadu Lagoi-Bintan.

Dalam hal ini, terdapat dua kawasan lahan yang disiapkan, yaitu berdekatan dengan danau Lagoi Bay, dan di belakang pantai pasir panjang dengan panorama pemandangan alam laut.

Ansar Ahmad menyebutkan, sirkuit F1 di Kabupaten Bintan akan dipercantik dengan keindahan alamnya berupa laut. Dengan harapan agar menjadi salah satu ikon wisata di Kepri.

“Kita akan punya nilai jual yang lebih, otomatis akan berdampak pada perekonomian dan sebagainya. Semua mata akan memandang kita dan kita harus siap,” pungkas Ansar Ahmad.(*)