Rakor Persiapan Pilkada 2020, di Anambas
Rakor Persiapan Pilkada 2020, di Anambas

Anambas – Rapat koordinasi pemantapan persiapan pilkada serentak 2020 dan percepatan penanganan covid – 19 di Kabupaten Kepulauan Anambas, yang dilaksanakan di gedung BPMS Tarempa, Sabtu (28/11/2020).

Ketua Bawaslu, Yopi Susanto, saat menyampaikan paparanya mengatakan, dalam persiapan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020 dukungan perangkat hukum, dukungan anggaran, serta kesiapan pengawasan telah maksimal dipersiapkan.

“Dalam pelaksanaan pilkada seluruh jajaran yang terlibat telah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan kegiatan pilkada, selain itu telah dilaksanakan rapid tes dengan hasil non reaktif. Dalam antisipasi penyebaran covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan pilkada mohon dukungan dari gugus tugas untuk memastikan peserta dan panitia telah dilakukan, sehingga Bawaslu Kabupaten Kepulauan anambas siap melaksanakan kegiatan pilkada,” ungkapnya.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Jufri Budiman, mengatakan, Kabupaten Kepulauan Anambas Memiliki DPT 31.370 dan 119 TPS. Pendistribusian Surat suara yang telah diterima sudah dilakukan sortir. Saat ini disimpan digudang logistik dan dijaga serta diawasi oleh pihak keamanan.

BACA :  Polres Kepulauan Anambas Laksanakan Apel Kesiapan Pasukan Untuk Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020

“Distribusi surat suara ke TPS mulai dilaksanakan pada tanggal 5-8 Desember 2020,” katanya.

Giliran Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Cakhyo Dipo Alam, mengatakan, dalam mensukseskan Pilkada serentak di Kabupaten Kepulauan Anambas seluruh jajaran terkait harus kompak dan bersinergi melaksanakan, mengawasi  seluruh tahapan pilkada sampai pada tahap akhirnya nanti.

“Kepolisian Resort Kepulauan Anambas telah menjamin stabilitas keamanan dalam pelaksanaan pilkada diwilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. Mengingat saat ini dalam pademi covid-19 personel polres kep anambas siap menegakkan disiplin protokol kesehatan jika ditemukan pelanggaran sesuai dengan hukum yang ada,” kata Cakhyo Dipo Alam.

Danlanal Tarempa , Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, mengatakan, dalam pendistribusian surat suara nanti Lanal Tarempa siap mengkawal dan mengawasi jalur laut sampai pada tujuan.

BACA :  Apel Kesiapan Dalam Rangka Pengamanan Pilkada 2020 di Kabupaten Bintan

“Lanal Tarempa siap mensukseskan pilkada serentak 2020 Kabupaten Kepulauan Anambas,” ungkapnya.

Pjs Bupati Kepulauan Anambas, Eko Sumbaryadi, mengatakan, upaya pemerintah dalam pelaksanaan pilkada telah memberikan hibah dukungan anggaran demi mensukseskan kegiatan pilkada serentak 2020 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 pemerintah  Kabupaten Kepulauan Anambas Akan memberikan Bantuan masker yang merupakan bentuk keperdulian pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam melawan pademi covid-19. Menghimbau seluruh instansi dan masyarakat mensukseskan pilkada serentak dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19,” kata dia.

Pjs Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Bahtiar Baharudin, mengatakan, peningkatan SDM sangat perlu lebih ditingkatkan supaya penyelenggaraan pilkada serentak terselenggara dengan baik dan aman.

BACA :  PWI: Manfaatkan Media Sebagai Wadah Kampanye Sehat

“Peninjauan yang dilaksanakan ke Kabupaten Kepulauan Anambas adalah demi memastikan kesiapan penyelenggaraan Pilkada serentak yang ada diprovinsi kepulauan riau mengingat saat ini juga dalam masa pademi covid-19”.

“Persiapan dan kesiapan sangat perlu diperhatikan mulai dari tahapan awal sampai akhir nanti. Dalam hal ini TNI/POLRI harus bersinergi dalam mengamankan pilkada serentak tahun 2020 terkhusus di wilayah Kabupaten kepulauan Anambas”.

“Tim dari kesehatan atau dinas terkait agar lebih memaksimalkan pengecekan kesehatan masyarakat yang menjadi peserta pemilu nantinya dan juga agar menghimbau pelaksanaan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari”serta pilkada di KKA”.

“Mari kita bersama saling mengingatkan, menegur, menyampaikan kepada sesama agar selalu mengedepankan demokrasi sebagai acuan dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020 di wilayah Kabupaten kepulauan Anambas,” kata Bahtiar Baharudin.*