bupati_karimun_aunur_rafiq_resmikan_puskesmas_belat_karimun
Bupati Karimun Aunur rafiq beserta wakil Anuar Hasyim di Puskesmas Belat - Karimun - Kepri

Kundur News – BELAT-Bupati Karimun H Aunur Rafiq, meresmikan penggunaan gedung Puskesmas Jalan Sei. Merpati Desa Sebele Kecamatan Belat, Karimun, Jumat (24/03). Puskesmas Belat merupakan salah satu Puskesmas Perdesaan Non Rawat Inap yang dibangun Pemkab Karimun untuk meningkatkan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat.

Peresmian pemakaian gedung Puskesmas Belat ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq serta pemotongan pita yang dilakukan Bupati Karimun. Pada kesempatan itu, Rafiq juga menyempatkan diri meninjau seluruh ruangan yang ada di Puskesmas Belat dan berbincang dengan tenaga kesehatan serta masyarakat setempat.

Turut hadir pada peresmian Puskesmas itu, Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim, Sekda Karimun Firmansyah, Anggota DPRD Karimun H Muhammad Taufiq, Kepala Dinas Kesehatan Rachmadi, para pejabat dilingkungan Pemkab Karimun, camat se Kabupaten Karimun, kepala puskesmas se Kabupaten Karimun serta tokoh masyarakat serta masyarakat setempat.

Kepala Puskesmas baru itu, Surawan mengungkapkan Puskesmas Belat mulai dibangun pada tahun 2014, terletak di Jalan Sungai Merpati RT 01 RW 01 Desa Sebele Kecamatan Belat, Puskesmas Belat memiliki wilayah kerja seluas wilayah Kecamatan Belat yaitu 255 km2 yang terdiri 129 Km2 Daratan dan 96 Km2 lautan dengan 6 Desa yang terdiri 2 Desa sangat Terpencil dan 4 Desa Terpencil. Puskesmas Belat memiliki sasaran jumlah penduduk sebanyak 6.546 jiwa terdiri dari 3.428 Jiwa Laki laki dan 3.118 Jiwa Perempuan.

“Sesuai dengan keputusan Bupati Karimun Nomor 587 Tahun 2016 Puskesmas Belat ditetapkan sebagai Puskesmas Kawasan Pedesaan Non Rawat Inap maka pada tanggal 27 Januari 2016 Puskesmas Belat Telah melaksanakan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Belat, pelayanan yang dilaksanakan berupa Pelayanan Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Ibu, Anak dan keluarga berencana, Pelayanan Gizi, pelayanan pencegahan dan pengendalian Penyakit, pelayanan rawat jalan, Home care dan pelayanan administrasi perkantoran lainnya,” ungkap Surawan.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutanya dengan adanya bangunan baru ini kita layak bersyukur sehingga pelayanan kesehatan dapat terjamin Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di wilayah puskesmas masing-masing.

Beliau berharap kepada Kepala Puskesmas dan tenaga kesehatan dapat menjaga nama baik instansi kesehatan agar dan berharap dapat bekerja sama dengan kepala Kecamatan masing-masing untuk bersama-sama masyarakat untuk menjaga kesehatan karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.*