Inhil – Kantor Kelembagaan dan Pemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) menggelar perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Aula Kantor Lapas Tembilahan, Rabu (10/8/22).

Kalapas Kelas IIA Tembilahan Julianto Budhi Prasetyono, Bc., IP., S.sos dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah menjadi program nasional dan sudah ada MoU antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Sebenarnya ini juga sudah berlangsung beberapa kali, karena dalam rangka memberikan hak kepada warga negara untuk memiliki identitas sebagai warga negara. Tentunya ini harus dipenuhi, dan tidak menutup kemungkinan di dalam Lapas,” jelasnya.

BACA :  Disdukpencapil Serahkan Kartu Identitas Anak Secara Simbolis Kepada FA Inhil

Selain itu, dikatakannya, bahwa total keseluruhan warga binaan yang mengikuti perekaman KTP-el berjumlah 82 orang.

Menurut Kalapas, KTP-el merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia tidak terkecuali warga binaan.

Ia memaparkan, bahwa jika tidak memiliki KTP-el maka akan sulit untuk mengurus dokumen-dokumen yang lain, seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Kartu Vaksinasi, karena tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan.

“Salah satu yang menjadi kendala kami adalah, ketika ingin mengurus BPJS, harus berdasarkan KTP, dan Vaksinasi juga harus ada Nomor Induk Kependudukan (NIK) jadi KTP ini sangatlah penting untuk menopang dokumen-dokumen lainnya jika tidak memiliki maka akan kesulitan,” ujar Julianto.

BACA :  Permudah Layanan Masyarakat, Disdukpencapil Inhil Mengadakan 5 Alat Perekam Admiduk Disejumlah Kecamatan

Kendati demikian, dengan adanya kegiatan perekaman KTP-el ini, Kalapas Julianto mengucapkan terimakasih kepada pihak Disdukpencapil Inhil yang melangsungkan programnya di Lapas Tembilahan.

“Terimakasih kepada Disdukpencapil yang telah melakukan perekaman KTP-el,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukpencapil Inhil Mizwar Effendi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukpencapil Inhil Hj Salawati. SH. MH memaparkan, bahwa Disdukpencapil Inhil membuat beberapa program untuk membahagiakan masyarakat. Diantaranya adalah jemput bola di beberapa tempat dan Kecamatan termasuk Lapas Tembilahan.

“Kami Disdukpencapil memang memiliki program membahagiakan masyarakat dengan melakukan program jemput bola turun ke kecamatan dan desa-desa untuk melakukan perekaman secara langsung. kepada masyarakat yang memang belum pernah melakukan perekaman,” tukasnya.

BACA :  Disdukcapil Siak Puji System Layanan Disdukpencapil Inhil

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukpencapil Inhil itu berharap, semoga pelaksanaan perekaman KTP-el berjalan lancar tanpa ada kendala.

“Mudah-mudahan nanti akan bisa diselesaikan secepatnya. Agar warga binaan bisa memiliki KTP el,” harapnya.

Terakhir Hj Salawati menghimbau kepada seluruh masyarakat yang belum pernah melakukan perekaman KTP-el, bisa segera merekam di Kantor Disdukpencapil Inhil.

“Kami menghimbau kepada masyarakat apabila keluarganya belum pernah merekam KTP silahkan langsung merekam.
Walaupun di luar kabupaten Indragiri Hilir bisa melakukan perekaman,” imbuhnya.*

Previous articleBerwisata Ke Inhil ?, Jangan Lupa Nikmati Seafood Di Resto Frisca Seafood
Next articleTerletak Di Pusat Kota Tembilahan, DuBest Hotel Adalah Hotel Pilihan